Mengisi Liburan dengan Serial TV

Libur lebaran kemarin, saya menyempatkan diri marathon menonton beberapa serial TV keluaran Amrik dan Inggris, yaitu Sherlock season 1-2, The Walking Dead season 1-2, dan Game of Thrones season 1-2. Marathon menonton serial sampe begadang ini bisa dibilang suatu kemewahan yang jarang saya dapat sejak lepas status sebagai mahasiswa:mrgreen:

Tiga serial TV tersebut diangkat dari novel dan komik, Sherlock dan Game of Thrones dari novel sedangkan The Walking Dead dari komik. Saya belum membaca novel Game of Thrones ataupun komik The Walking Dead (dua-duanya masih on going), tetapi saya sudah membaca sebagian besar novel Sherlock Holmes karya Conan Doyle:mrgreen:

Seperti biasa, saya ngga bakat menulis review, jadi di postingan ini saya cuma akan menulis sedikit info dan kesan-kesan saya mengenai serial-serial ini:mrgreen:

 

Brace yourself, spoiler is coming😛

Sherlock merupakan serial TV keluaran BBC, diputer sejak Juli 2010 dan sampai saat ini sudah mencapai season 2 dan per seasonnya cuma terdiri dari 3 episode. Basis ceritanya dari novel Sherlock Holmes masa Victoria karangan Sir Arthur Conan Doyle tetapi dengan setting masa sekarang. John Watson sama-sama merupakan dokter bekas pasukan Inggris dalam NATO di Afghanistan, sementara Sherlock-nya sama-sama nyentrik, unik, pemuja kemampuan otaknya sendiri, ahli deduksi. Yang beda paling Sherlock-nya ngga (terlihat) ngerokok dan ngga suka pake topi yang jadi trademark-nya😆

Serial TV Sherlock keluaran BBC

Kesan saya habis nonton serial ini:

  • dialognya belibet! :lol: Bahasa Inggris yang digunakan kentel banget medhok British-nya, ditambah lagi dialognya diucapkan dengan cepat, saya harus pause beberapa kali buat nangkep maksudnya😛
  • saya terkesan dengan betapa sigapnya Sherlock memanfaatkan teknologi masa kini (hape, laptop, internet) untuk mencari berbagai informasi tambahan, dan berbagi cerita😀. John Watson disarankan oleh psikiater-nya untuk menuangkan uneg-unegnya di blog, Sherlock juga punya blog tentang ilmu deduksi, dua blog itu benar-benar dibuat😆 ada di sini dan di sini😆
  • kalo di novelnya, kedua tokoh utama ini selalu saling memanggil dengan nama belakang (Holmes dan Watson), tetapi dalam serial ini mereka saling memanggil dengan nama depannya (Sherlock dan John)
  • James Moriarty yang merupakan musuh utama Sherlock muncul, dan saya terkesan dengan ekspresinya yang bisa berubah-ubah dari ahli IT yang gay sampe ke aktor murahan dan akhirnya penjahat keji yang dingin
  • Irene Adler, wanita yang mampu mengusik Sherlock muncul di episode A Scandal in Belgravia, and she’s sherlocked😎 Yang paling kocak tentu saja pas Irene diam-diam mengubah ringtone sms hape-nya Sherlock menjadi “ahh..” kalo menerima sms dari Irene😆
  • Sementara itu dulu, meskipun sebenernya masih banyak kesan-kesan lainnya. Overall ini salah satu serial terbaik yang pernah saya tonton, dan bakal saya nantikan kelanjutannya Januari 2013 nanti:mrgreen: Oiya, di Gramedia ada VCD atau DVD ori serial TV ini😉

—–

The Walking Dead merupakan serial TV keluaran AMC yang diangkat dari komik berjudul sama. Ceritanya tentang zombie apocalypse gitu, jadi ya sudah pasti ada zombie-nya (disebut walker di serial ini)😛. Season 1 tayang tahun 2010 sebanyak 6 episode, sedangkan season 2 tayang 2011-2012 sebanyak 13 episode. Komiknya sendiri katanya masih belum tamat, dan semakin ke belakang semakin banyak karakter yang dimatikan ^^

The Walking Dead characters

Kesan-kesan saya setelah menonton serial ini:

  • Cewek yang jadi Lori adalah Sarah Wayne Callies, yang langsung saya kenali sebagai dokter cewek di serial Prison Break, entah kenapa mirip dengan Luna Maya di serial ini😛
  • Entah kenapa pas melihat muka Shane langsung merasa kalo mukanya emang licik dan culas, sepertinya aktornya benar-benar menjiwai perannya😆
  • Anak kecil yang sok dewasa itu menyebalkan, dan dalam situasi tertentu malah membahayakan orang lain ataupun komunitasnya
  • Ibu-ibu yang bertingkah macem ABG labil soal urusan cinta juga sama menyebalkannya😛
  • Semakin memperkuat pendapat umum soal level: Asian ketika melihat Glenn beraksi😛. Tapi denger-denger gosip di komiknya Glenn mati ketika Maggie (ceweknya) sudah mengandung😐
  • Secara umum I’m not a zombie fans, jadi ya saya sekedar nonton karena penasaran karena di dunia maya lumayan heboh soal serial ini. Saya kuatirnya malah ga ada penyelesaian jelas (mengingat komiknya juga belum rampung), hanya sekedar drama plus beberapa aksi dengan latar belakang dunia zombie. Saya penasaran aja dengan penjelasan kenapa bisa muncul walker-walker itu, dan bagaimana penyelesaian akhirnya apakah ditemukan obat atau manusianya punah atau bagaimana😀

—–

Game of Thrones merupakan serial TV keluaran HBO yang diangkat dari serial novel A Song of Ice and Fire karya George R.R. Martin. Novel ini menurut opa Martin bergenre high fantasy, sedangkan saya lebih suka menyebutnya medieval fantasy karena melihat setting di TV series-nya yang seperti era medieval di Inggris dan ada bumbu fantasi macam zombie dan naga:mrgreen:. Novelnya tadinya direncanakan sebagai trilogi, tapi lalu menjadi 7 buku, dan yang terbit sampai saat ini baru 5 buku. Serial TV-nya sudah tayang 2 season dari tahun 2011-2012, masing-masing season terdiri dari 10 episode, season 3 direncanakan tayang tahun 2013.  Saya belum baca novelnya, jadi kesan-kesan saya berdasarkan serial TV-nya semata:mrgreen:

Ned Stark on The Iron Throne

Beberapa kesan setelah menonton serial ini:

  • setting daerah bersalju, ada perang saudara, ada naga, ada pedang dragonbane, ada juga keturunan naga, mau ngga mau saya berpikir ini mirip game Skyrim😆
  • Adegan pertempuran tidak banyak yang ditampilkan, seingat saya malah hanya 1 yaitu pas pasukan Stannis Baratheon dari House of Baratheon menyerbu ibukota King’s Landing yang dikuasai House of Lannister. Yang paling lucu waktu Tyrion “The Imp” Lannister mau maju bertempur melawan pasukan pemancingnya House of Stark, dia kegetok di belakang kepalanya dan pingsan, bangun-bangun udah menang, ngga diliatin adegan pertempurannya, hanya sisa-sisa pertempurannya😆
  • Adegan “ehem-ehem” bertebaran di mana-mana dan lumayan vulgar (as in well exposed), dan kayaknya hampir semua karakter wanita dewasa kebagian porsi adegan ranjangnya😈😛
  • Adegan bacok-bacokan dengan pedang dan kapak dan palu juga banyak, meskipun beberapa adegan darah muncrat-nya masih keliatan palsunya, tapi overall tertutup oleh efek lainnya
  • Anak kecil manja pewaris takhta + ibu ratu incest yang ngga bisa ngontrol = bencana kerajaan😛
  • Ibu yang terlalu sayang anak dan ngga bisa berpikir panjang bisa menyebabkan perang antar klan. Dipikir-pikir memang penyebab perang Stark – Lannister karena Catylin Stark ngga bisa menahan diri untuk menangkap Tyrion Lannister dengan sedikit bukti pas kebetulan ketemu di sebuah kedai ^^
  • Karakter favorit saya Tyrion Lannister dan Arya Stark:mrgreen: Kenapa Tyrion The Imp, karena jarang-jarang orang cebol dapet peran yang cukup penting😀 Kenapa Arya Stark, habisnya dia bocah tomboy yang manis😛 (no loli here😎 ). Saya berharapnya sih mereka tetap hidup sampai akhir, tapi mengingat Eddard (Ned) Stark yang saya pikir adalah karakter kunci aja dimatikan, rada pesimis juga ama nasib karakter yang lain😛
  • Anak haram disebut “bastard”, dan ngga berhak menyandang nama keluarga bapaknya, biasanya dikasih nama sesuai asal si ibunya, misal Jon Snow yang merupakan bastard-nya Ned Stark ^^
  • self acclaimed King yang homo cuma berakhir dibunuh ama ilmu hitam dukun cewek kakaknya yang juga mengklaim takhta😛
  • Secara umum saya mikirnya settingnya mirip Inggris+Islandia yang menyatu dan benua Eropa+Afrika Utara yang menyatu juga. Inggris+Islandia sebagai Westeros, Eropa+Afrika Utara sebagai Essos
  • Masih penasaran apakah Tony Stark merupakan keturunan dari House of Stark ini😛
  • Jelas merupakan serial TV yang saya nantikan kelanjutannya, sambil bertanya-tanya apa saya bakal se-exited ini kalo baca novelnya🙄

—–

Jadi itu dulu kesan-kesan saya selama mengisi liburan ini, mumpung suasana kantoor masih sepi, bisa bikin postingan ra mutu:mrgreen:

12 Responses to “Mengisi Liburan dengan Serial TV”


  1. 1 Zeph August 27, 2012 at 21:37

    sepertinya menarik juga serial yang di review, kemarin liburan saya malah banyak menghabiskan serial dan film jepang, perlu sesekali nih beralih ke holiwud.

  2. 2 Arm Kai August 28, 2012 at 10:06

    nganu, itu yang Sherlock keluaran BBC kok, bukan holiwud larr itungannya😀

    ada rekomendasi serial Jepang yang bagus? saya dah bertahun-tahun ga nonton dorama😛

  3. 3 Zeph August 28, 2012 at 19:57

    saya prefer ke Sherlock dari pada yang the walking dead dan Game of thrones🙂

    saya nonton doramanya malah yang lama, macam Mr Brain-nya Takuya Kimura, My Boss My Hero-nya Nagase Tomoya, Musashi series belum sampai tamat, kalau film malah nonton peak the rescuer, MW, dll.🙂

  4. 4 Haris Suryanegara September 2, 2012 at 01:11

    Saya liburan malah cuman mutar-mutar di 9gag dan merenungi blog yang kondisinya sudah seperti puing-puing kota mati. -_-

  5. 5 Arm Kai September 7, 2012 at 13:57

    @ Zeph:
    hahaha, padahal keren lho yang Game of Thrones:mrgreen:
    kalo Sherlock-nya sih dijamin keren ^^
    saya malah lagi coba-coba nonton dorama lama juga, Seigi no Mikata😛
    __

    @ Haris Suryanegara:
    hoo, ditata lagi dong puing-puing kota matinya biar hidup lagi:mrgreen:

  6. 7 AnDo September 29, 2012 at 01:51

    Terakhir nonton serial BBC juga, judulnya The Fades. Belum sempat direview, ntar deh.

  7. 8 AnDo September 29, 2012 at 01:54

    Ah ya, sebelum The Fades, saya ngabisin 2 season Falling Skies. Plot-nya agak mirip sama Walking Dead, cuma gantikan aja itu zombie dengan serangan aliens. Saya suka keduanya, baik Falling Skies maupun The Fades.

  8. 9 Takodok! November 30, 2012 at 17:16

    Walking Dead itu keren banget episode Pilotnya. Yang bikin saya mau lanjut nonton serial itu, walau sekarang belum nonton lagi season 3-nya. Nyebelin semua tokoh utamanya.

    Eh ini postingan udah lama banget yak:mrgreen:

  9. 10 söve,mantolama,egemen,izmir söve June 23, 2013 at 21:40

    We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your web site offered us with useful info to paintings on. You have performed a formidable activity and our entire neighborhood shall be thankful to you.

  10. 11 Arm Kai July 9, 2013 at 17:11

    @ AnDo & Takodok!
    persepsi saya tentang zombie berubah sejak negara api menyerang nonton World War Z😆

  11. 12 dokter cewek January 24, 2015 at 11:49

    sangat menarik info nya… tampilan blognya jg bagus.


Leave a Reply

