nonton bola :D

Akhirnya keinginan lama saya untuk nonton pertandingan sepakbola langsung di stadion kesampaian juga kemaren😀. Sebelumnya saya gagal nonton langsung di dalam stadion, di level timnas pula, karena kesalahan strategi dalam mendapatkan tiket. Nah, hari Minggu (20 Februari) saya berkesempatan menonton pertandingan LPI  antara Bogor Raya FC – Persema Malang di stadion Persikabo, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Biasanya stadion ini dipake Persikabo Bogor, yang berlaga di divisi utama. Saya males nontonnya kalo Persikabo yang main karena suporternya kebanyakan umur-umur anak SMP yang kemungkinan rusuhnya cukup besar😛. Ini juga karena Persema yang main, makanya saya berminat nonton. Kalo lawannya Bogor Raya cuma tim antah berantah debutan LPI kayaknya ngga begitu menarik😛. Bapak-bapak di sebelah saya juga bilang kemarin, tumben stadionnya rame, biasanya sepi-sepi aja. Saya timpalin aja “karena lawannya Persema kali, Pak” dan dia cuma mengiyakan😀. Tapi memang benar, banyak juga yang nonton, ceweknya juga banyak, mungkin pesona Irfan Bahlul, eh Bachdim kali ya:mrgreen: hehehe..

Ada cerita konyol mengenai si Bachdim ini. Menurut temen saya yang koordinator Boraholic (sebutan suporter Bogor Raya FC), hotel tempat Persema main dirahasiakan demi kenyamanan. Tetapi ketika Sabtu pagi di deket Istana Bogor rame anak-anak main bola, si Irfan yang lagi jalan-jalan pagi kegatelan liat bocah main bola dan ikut nimbrung😆. Jadilah rame di kawasan deket Istana di Sabtu pagi, dan ketahuan hotelnya di mana (saya ngga begitu ndengerin waktu itu jadi ga tau hotel apaan :P). Entah benernya sih, itu saya cuma diceritain aja😛

Kickoff LPI ternyata jam 3 sore, rada beda dengan LSI yang biasanya jam setengah empat. Tiket yang dijual seharga 10rb, 25rb, 40rb, dan 100rb. Saya beli tiket VIP timur seharga 25rb. Sialnya saya lupa memperhitungkan, kalo VIP timur dan mainnya sore-sore, pasti kena terjang matahari langsung😐. Selain itu, di tribun ini penuh banget, karena harganya ideal kali ya. Pertimbangan saya kalo 10rb itu udah di belakang gawang dan ga ada atapnya, kalo hujan jelas basah, sedangkan 40rb ato 100rb saya rada sayang😛. Tapi ya sudahlah, lain kali kalo cerah beli yang ceban aja, meskipun di belakang gawang tapi kayaknya lebih leluasa😛.

penonton mulai berdatangan di tribun VIP timur

boraholic di VIP timur

perhatikan tulisannya😆

menyanyikan Indonesia Raya

Kabomania, suporter Persikabo di tribun ceban😛

Bogor Raya FC

Persema Malang

Bachdim pemanasan lompat-lompat

kick off

duel udara

Pertandingan itu sendiri akhirnya dimenangi Persema dengan skor 2-1, 2 gol Persema diborong Irfan Bachdim. Gol pertamanya bener-bener keren, umpan jauh dari belakang dan kang Irfan solo run ngejar bola untuk kemudian ditembak ke gawang Bogor Raya. Sayang untuk gol Bogor Raya saya ngga siap pegang kamera, jadi rada ngga pas komposisinya. Di awal-awal babak pertama sendiri Bogor Raya punya kesempatan untuk unggul lebih dulu lewat penalti (yang saya ngga jelas liatnya apa itu beneran pantes pinalti ato bukan, mungkin yang nonton di TV lebih tahu karena ada replay-nya). Sayang penaltinya gagal, bola melebar ke samping😛

berebut bola

penalti ga jelas

dan gagal😛

cedera awal

umpan jauh dari pemain Persema...

..Irfan Bachdim menyambut..

dan GOOL!!!

Irfan Bachdim dengan gol pertamanya

Sang.Min pun coba mengancam

tribun timur yang semakin panas

tendangan bebas oleh Robbie Gaspar...

..Irfan Bachdim menyambut...

..dan GOOL!! 2-0 untuk Persema!

Gaspar menghalau bola

Kim Kurniawan

tau-tau gol dari Bogor Raya😆

Bogor Raya kembali mengancam lewat tendangan bebas..

saved!!

mbaknya manis juga😛

idola masa kecil😀

unsung hero

full time: Bogor Raya 1-2 Persema

Beberapa celetukan ato kejadian yang saya dengar rada konyol dari penonton di sekitar:

  • kalo Irfan membawa bola, cewek-cewek di tribun VVIP dan VIP barat selalu teriak-teriak histeris, tapi oleh penonton abege cowok di sekitar saya selalu di boo-in😆😛
  • begitu juga dengan Kim Jeffrey Kurniawan, cewek-cewek histeris teriak-teriak “Kim! Kim!” kalo dia bawa bola. Nah oleh abege cowok Boraholic di sekitar saya diteriakin “Kim… p*i! Kim… po*! Kim… *oi!”😆 aya aya wae😛.
  • ada ibu-ibu di belakang saya, tanya pada anaknya, “mana Kim? Kok ga ada? Itu namanya Kurniawan kok!”😛
  • sepertinya ibu-ibu yang sama karena saya ngga liat cuma denger, “ada Irfan ya..” lalu lewat pemain yang sepertinya dari Papua (namanya Owagai kalo ngga salah), “oh ada Okto juga tuh!”😛

penonton pada keluar

pintu depan

lampu stadion yang tak terpakai

Yak sepertinya itu dulu postingan dari saya. Kesimpulan: kalo ngga rusuh, nonton bola langsung di stadion itu asik kok😉. Sayang Indonesia-Turkmenistan dimainkan di Palembang, jadi ngga bisa nonton langsung di stadion deh😀.

10 Responses to “nonton bola :D”


  1. 1 TamaGO February 22, 2011 at 11:29

    tribun ceban tampak sepi, lebih leluasa nonton kayanya. tribun panas malah silau nontonnya :p

    tempat yg berpeluang besar dapet bola nyasar yg bisa dibawa pulang di tribun mana ya? apalagi klo bisa minta tanda tangan pemain di bolanya gitu😀

  2. 2 Takodok! February 22, 2011 at 13:15

    menilik dari jumlah foto, pertandingannya tidak terlalu seru ya men? *sotoy*😛

  3. 3 Zeph February 22, 2011 at 22:15

    stadionnya sepertinya sepi, meski kapasitasnya juga sedikit. sesekali cobalah nonton timnas main, dijamin rame, atau biar dapet feelnya cobalah nonton persebaya di tambaksari, dijamin sepanjang pertandingan para suporter binaan itu akan bernyanyi terus, tanpa lelah.🙂

  4. 4 Tuan Adan February 23, 2011 at 04:14

    Belum berani nonton langsung di stadion ini, takut jadi korban rusuh😦

  5. 5 Arm Kai February 24, 2011 at 11:43

    @ TamaGO:
    yup, yang ceban kayaknya lebih leluasa, tapi ya itu di belakang gawang😛
    yang kemungkinan dapet bola nyasar? ya di tribun ceban itu kayaknya😛
    yang bisa dapet tanda tangan pemainnya? di bench pemain cadangan😛
    __

    @ Takodok!:
    sebenernya seru, menjurus ga seimbang, Persema-nya terlalu superior😛😆
    foto2nya banyak kok jut, cuma ga semua ditampilin aja😉
    __
    @ Zeph:
    ya kapasitasnya kan sedikit, paling cuma berapa ribu itu😆
    kalo nonton timnas, saya pengen tapi belom sempat, dulu aja ga bisa masuk gara2 tiketnya dipegang temen di dalem stadion
    kalo mo nonton sambil senantiasa bersenandung nge-chant? jaman saya di Jogja dulu sering kok kalo ikut nonbar anak2 Big Reds😎
    __

    @ Tuan Adan:
    kemaren sih aman2 aja,kalo yang main Persikabo lha ga tau saya😆

  6. 6 wiedesignarch February 24, 2011 at 15:09

    ya mppunnnnnnnnnnnnnn…. sempet2 lirik itu mbak manis??? hihihihihi

  7. 7 presyl February 25, 2011 at 14:51

    belum pernah nonton bola klub atau timnas langsung..
    pengen deh.
    tapi itu sore2 masih nyengat banget ya?

  8. 8 Kurology February 26, 2011 at 07:41

    musim ini saya jadi pendukung Persema karena faktor Irfan Bachdim😳😆

    anw, sebenarnya minat juga sih nonton langsung macam beginian. dulu pernah minat nonton langsung pertandingan tim lokal sini, tapi males karena sering rusuh pasca pertandingan😐

  9. 9 nothingwrongwithmylongblackhair March 4, 2011 at 19:44

    oo aku gak ngerti bola blas
    yang penting go Indonesia ajah

  10. 10 Asop March 11, 2011 at 14:41

    Wooow, si Bachdim seperti itu ya?😀 Ngelihat anak2 main bola pengen nimbrung juga?😀 Luar biasa….

    SAya malah naksir ama foto2 di atas…😳
    Pengen juga nih ngejepret momen pertandongan sepakbola…😳


Leave a Reply

