Ngertos Mboten Panjenengan?

Semalem saya diajak temen nonton Sang Pencerah, film tentang K.H. Ahmad Dahlan, pendiri MU alias Muhamadiyah, bukan Manchester United apalagi MIPA Utara😛:mrgreen:. Bioskopnya sepi banget, yang nonton ngga ada sepertiganya😛 mungkin karena nonton di jam 9 malem. Tapi kayaknya di jam biasa juga sepi-sepi aja😛 hehe.. Nah, saya bukan mau mereview kok, cuma mau menceritakan kesan-kesan saya aja yang bikin saya dan teman-teman saya ketawa-ketawa😛

(awas spoiler!)

  • Seperti diketahui, setting film-nya di Jogja akhir abad XIX sampai awal abad XX. Karena saya sempat numpang tinggal di Jogja, mau ngga mau saya ketawa tertahan kalo denger celetukan khas Jogja😛. Dan saya juga merasa aneh ketika mendengar beberapa tokoh yang diperankan Zaskia Mecca dan Giring mengucapkan kata-kata yang salah jaman semacam “kita nggak…”, “anda harus…”, dan ngga ada medhok-medhok Jogja-nya😛.
  • Saya baru tahu kalo acara “padusan” sebelum bulan puasa itu bener-bener mandi di kali, karena selama di Jogja acara “padusan” yang saya pernah ikut dulu cuma piknik ke suatu tempat (biasanya laut) trus makan-makan😛
  • Beberapa kali ada adegan melewati Tugu Jogja, nah berdasarkan pengalaman saya iseng foto-foto di Tugu, kayaknya Tugu-nya di film itu lebih kecil deh😛
  • Kata temen saya sih, karena saya juga kurang tau😛, kompas yang dipakai Ahmad Dahlan untuk menentukan arah kiblat itu kompas geologi merk Brunton yang baru keluar di paruh kedua abad XX😛
  • Ini yang paling konyol, ada adegan dari kediaman Ahmad Dahlan di Kauman menuju Stasiun Tugu, tapi melewati Tugu😆😆. Coba lihat peta di bawah, maka Anda akan memahami kenapa saya cekakakan mengingat-ingat adegan tersebut:mrgreen:

    Kauman-Tugu-Stasiun

  • Di stasiun Tugu, ada adegan beberapa bule (yang seharusnya orang Belanda) ngobrol pake bahasa Inggris😛. Ya mungkin aja sih itu orang Inggris yang lagi mampir, tapi kan common sense jaman itu ya orang Belanda:mrgreen:
  • Kalimat di akhir film, ketika diperlihatkan kalo sang imam salah baca antara ‘de president’ dengan ‘resident’, pertanyaan ultimate yang diucapkan dengan nada rada menohok, “ngertos mboten panjenengan?” akhirnya saya pake buat judul postingan ini😆:mrgreen:

16 Responses to “Ngertos Mboten Panjenengan?”


  1. 1 TamaGO September 22, 2010 at 18:52

    ga mungkin nonton pilem itu disini secara satu2nya bioskop yg muter nih pilem tempatnya jauh, bau, jelek, dan nggak user friendly buat nonton film Indonesia (speakernya payah, nggak kedengeran itu ngomong apaan). cukup sekali saja nonton di tempat itu >_<

  2. 2 Athena September 22, 2010 at 19:56

    Spoilerrrrrrrrr…!!!!👿
    (belum ada kesempatan nonton😦 )

  3. 3 AnDo September 22, 2010 at 20:39

    Kayaknya film ini ganti genre dari drama menjadi komedi kalau yang nonton orang Jogja (minimal tau tentang Jogja)😆

    Ntar dicari filmnya kalau udah ada yg baik hati ngupload ke iutup

  4. 4 Putri September 23, 2010 at 20:06

    Jadi maksud dari
    “Ngertos mboten panjengan”
    itu adalah
    “Ngerti gak kamu?”
    begitu, ya ???

    maksudnya..itu terlalu kekinian, ya, mas tama??

    begitu, tho ?

  5. 5 Putri September 23, 2010 at 20:08

    **Correction…
    nah lho…tha’ pikir ini blognya TAMAGo…
    rupanya ini blognya ARM, tho…

    maaf…

    keliru😀

    jadinya malah salah tulis nama..he..he…
    Mohon maaf, ya, aRm..

  6. 6 Arm Kai September 24, 2010 at 16:20

    @ TamaGO:
    haha, nodong temen buat bayarin aja😀 ato tunggu bajakannya😛
    __

    @ Athena:
    ya tinggal nonton larr…😉
    __

    @ AnDo:
    hehe, begitulah yang saya dan teman2 rasakan:mrgreen:
    bahkan ada temen yang berencana nonton lagi di Jogja, pengen ngeliat reaksi orang-orang sana kayak apa ngeliat film itu😛
    semoga bajakannya cepet nongol
    __

    @ Putri:

    Jadi maksud dari
    “Ngertos mboten panjengan”
    itu adalah
    “Ngerti gak kamu?”
    begitu, ya ???

    iya:mrgreen:

    maksudnya..itu terlalu kekinian

    kalo yang ini ngga😛
    yang kekinian itu semacem si Mecca keceplosan ngomong, “kita ngga bisa” dan semacamnya, yang jelas-jelas salah jaman🙂

    *mikir*
    berarti saya mirip TamaGO😕😆

  7. 7 ochin October 1, 2010 at 08:27

    kula dereng ngertos punika,
    soale kula dereng ningali film punika😦

  8. 8 TamaGO October 1, 2010 at 15:11

    bajakan pilem indo kayanya lama keluarnya, setara sama animasi *nungguin Despicable Me yg tak kunjung keluar bajakannya*

    dan untuk kembali ke bioskop spesialis pilem lokal di Bali itu, dibayarin pun saya ogah kembali ke sana *masih trauma sama bau2an aneh di bioskop itu yg nempel di jaket*

  9. 9 Arm Kai October 6, 2010 at 17:08

    @ ochin: monggo dipuntonton😛
    __

    @ TamaGO: saya udah nonton despicable me😎 :)>-:mrgreen:
    bau2 aneh apaan itu, jangan2 situ yang bau😛

  10. 10 mauritia October 6, 2010 at 17:33

    hahaha.. iya, ini film rada lucu, ada bloopersnya juga.
    pas Dennis dijemput sama si A (ga apal namanya), eh di scene berikutnya Giring yang ngaku2 jemput..😄

  11. 11 Asop October 7, 2010 at 18:59

    Belom nonton pilemnyaaaaaa!!😥

  12. 12 nite October 25, 2010 at 21:54

    Belum nonton filmnya dan terpana sama postingan ini. Sementara yang lain bahas soal bagusnya film ini, ini malah bahas “apa-apa yang salah” di film ini😆

  13. 13 rukia^^ November 16, 2010 at 13:38

    @ TamaGo

    Lah gak keluar ee di bioskop itu, bukannya Sang Pencerah masuk di Galeria?🙄

    Tapi aku juga lom nonton:mrgreen:

    @ Arm

    Skor tu film dari 1-10 berapa menurut kamu?

  14. 14 TamaGO November 16, 2010 at 14:42

    @arm : mulai dari bau asep rokok, sampah, sampe yg paling parah bau pesing >_<

    @rukia : gale sih masih oke mbak, tapi wisata21 tuh bener2 amit2 deh. cukup sekali aja nonton disana😦

  15. 15 eMina November 20, 2010 at 16:24

    wah lama ga kesini.
    blm ada apdetan baru ternyata
    eh iya, saya malah udah nonton harry potter kemarin, pas premier-nya *pamer* 8)
    :mrgreen: *kabur ah*

  16. 16 Arm Kai November 26, 2010 at 17:34

    @ Mauritia:
    hehe, yang scene itu saya ga merhatiin sih, tapi IMO yang paling parah ya soal ke stasiun Tugu itu😛

    *kangen Jogja😐
    __

    @ Asop:
    ya tunggu aja bajakannya😛 ato tunggu nongol di TV😛
    __

    @ nite:
    ya tunggu aja bajakannya, tonton, dan silakan share pengalamannya😉😛
    __

    @ rukijem:
    skor menurut saya? mungkin 2 dari 5😛
    menang di tema IMO, sama akting Lukman Sardi🙂
    __

    @ TamaGO:
    hahaha, ya seperti saran saya yg sebelum-sebelumnya, tunggu aja bajakannya, ato tunggu nongol di TV😛
    __

    @ eMina:
    hoho, saya ga tertarik ama HarPot😛 kalo ada yang mau bayarin ato ngasih divx-nya boleh deh saya tonton:mrgreen:


Leave a Reply

