East Java Trip

Sebulan yang lalu saya sempat main ke beberapa daerah di Jawa Timur. Berikut ini beberapa lokasi yang lumayan menarik perhatian😀.

Gunung Pegat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan

Komentar saya ketika pertama kali datang ke situ, “Wuih, kayaknya keren kalo dijadiin setting film kungfu”😛

bukit yang keliatan keren

Merupakan perbukitan karst/kapur, yang sudah berubah bentuk karena ditambang kapurnya. Material batuannya berupa dolomit dan napal. Umumnya kapur yang ditambang diolah untuk dijadikan bata putih, yang konon lebih murah dan lebih ringan dari bata merah. Kebanyakan rumah di daerah yang saya lewati memang menggunakan bata putih untuk temboknya.

Oiya, menurut senior saya, konon perbukitan itu mendapatkan nama “Gunung Pegat” karena selalu memakan korban pegat (putus)nya pasangan yang kencan di bukit tersebut. Senior saya bilang, ketika kuliah lapangan ke daerah tersebut, ada 3 pasangan di angkatannya. Mereka dengan sengaja foto-foto di bukit tersebut meskipun tahu “kutukan”nya. Dan apa hasilnya? Tidak ada yang bertahan sampai sekarang😛. Yang lucu, salah satu teman dia masih menggunakan foto di Gunung Pegat tersebut sebagai profil foto di akun friendsternya ketika terakhir kontak😛.
Percaya atau tidak terserah anda😛.

__

Candi Tikus, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto

Salah satu situs arkeologi yang ditemukan di Trowulan. Candi ini diduga merupakan situs pemandian jaman Majapahit. Candi ini juga merupakan bagian dari kanal kuno Majapahit, yang terletak menyebar di beberapa lokasi di Trowulan. Ibukota Majapahit memang diduga kuat ada di Trowulan, tapi di mana pastinya letak istananya masih belum ada yang bisa memastikan.

Mengenai kenapa namanya Candi Tikus, konon karena penemuannya. Candi ini ditemukan ketika penduduk sibuk berburu tikus yang menggerogoti sawahnya. Ketika memburu tikus sampai ke lubang-lubangnya tanpa sengaja malah menemukan reruntuhan candi tersebut, dan banyak ditemukan tikus juga ketika ditemukan, sehingga dinamai Candi Tikus.

Lanjutan kanalnya ditemukan di 2 tempat, satu ladang jagung dan lainnya di tengah pinggir jalan. Ditemukan oleh perajin batu bata ketika menggali tanah untuk bahan baku bata. Jaringan kanalnya sendiri kebanyakan sudah menjadi persawahan, jarang yang terlihat bentuknya sebagai kanal.

lanjutan kanal

__

Jembatan Suramadu

jembatan suramadu

Yang ini murni iseng ndeso pengen nyobain nyeberang Surabaya-Madura pake alat transportasi darat:mrgreen:

14 Responses to “East Java Trip”


  1. 1 farid June 1, 2010 at 16:03

    aku kapan survei ya? *nangis di pojokan

  2. 2 TamaGO June 1, 2010 at 16:04

    brarti kalo mau putus sama pacar tapi susah ngomongnya tinggal ajak poto bareng aja di gunung pegat ya ;))

  3. 4 Idub June 1, 2010 at 19:22

    oh, kirain itu Candi Tikus konon karena setiap pasangan yang kencan disana berubah jadi tikus

  4. 5 mauritia June 2, 2010 at 00:04

    mau ke Suramadu deeh.. *komentar tidak ilmiah*

    ah, tapi suatu hari Nanti saya harus ke Trowulan. harus. :mrgrren:

    deket nggak sih Mojokerto dari jembatan Suramadu?

    • 6 Lumiere June 2, 2010 at 13:13

      Jauh lah mbak🙂 kan kotanya aja sudah lain,
      setau saya sih Mojokerto-Surabaya sekitar 3 jam-an.

  5. 7 lambrtz June 2, 2010 at 15:00

    *bertanya-tanya ini blognya Arm apa Lumiere ya, kok malah Lumiere yang njawabi*

    :-“

  6. 9 Arm Kai June 2, 2010 at 16:08

    @ farid:
    lho kan wingi bar survei ke jogja rid, sampe diajak mahasiswi foto bareng pula🙄

    dan juga survei warung susu tongkat ali😈😆
    __

    @ TamaGO:
    hahaha… bisa juga tuh:mrgreen:
    __

    @ Idub:
    sama mustahilnya dengan kamu yang katanya mirip Alex Turner😆
    __

    @ mauritia:
    hehe, rada panas lho di Trowulannya😀
    kalo dari arah Surabaya bisa lewat tol yang ke Malang, nanti keluar ke arah Mojokerto😉
    __

    @ lambrtz:
    blog saya dong😎
    __

    @ Lumijer:
    ya pegat intine itu lah😛
    semangat amat njawabin di blog orang😆
    gara2 naga ompong ya?😛

  7. 10 frozen June 3, 2010 at 13:04

    *lihat-lihat foto*

    Aaaaaaaaarrrrrrggggghhhhhhh…!!!😡

  8. 11 Lumiere June 3, 2010 at 15:39

    @ Tuan Cegukan

    semangat amat njawabin di blog orang?

    😳 nganu… kan pertanyaannya soal teritori saya:mrgreen:

    ya maap deh.. jadi malu hati nih😳

    gara2 naga ompong ya?

    eh?😐

    wahai tuan, sesungguhnya tidak ada yg lebih memalukan lagi ketimbang orang yang rela berjalan kaki berkilo2 hanya karena Malu Bertanya Tersesat di Kota :-“

  9. 12 Arm Kai June 4, 2010 at 10:28

    @ frozen:
    kenapa teriak2?😕
    __

    @ Lumijer:
    yayaya… silakan saja😀

    biar nyasar yang penting sampe larr…😎

  10. 13 lambrtz June 4, 2010 at 13:08

    @Lumiere

    nganu… kan pertanyaannya soal teritori saya

    Ah yang masaaaa… :-“


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: