Membaca Manhua

Terpengaruh postingan Mas Jensen yang ini, iseng2 saya ikutan ah bikin postingan sejenis:mrgreen: hehe.. Jadi, 2 minggu terakhir ini saya iseng nyewa komik di rentalan, yg berjudul Legend of The Condor Heroes (LoTCH) dan Pendekar Hina Kelana. Dua seri tersebut merupakan manhua (komik China/Hongkong/Taiwan) karya Lee Chi Ching yg dibuat berdasarkan novel cersil karya Jin Yong, dan dua-duanya sudah diterbitkan oleh m&c! beberapa tahun silam.

Mengenai garis besar ceritanya, sepertinya sih benar2 mengikuti novel2 Jin Yong tersebut yg terbit di tahun 1960-an. Saya ngga tau pasti karena memang belum membaca novel2nya😛 hehe..

LoTCH berlatar di akhir jaman Dinasti Song Selatan, di awal kebangkitan kekuatan Temujin dan bangsa Mongolnya. Bercerita mengenai Kwee Ceng, bocah negeri Song yang karena suatu perjanjian antara ayahnya dan saudara angkatnya tanpa sengaja terlibat dengan urusan politik luar negeri Song-Jin dan terdampar hingga tumbuh besar di padang gurun Mongolia. Setelah tumbuh besar, Kwee Ceng masih harus bertemu dan bertanding dengan Yo Kang, anak saudara angkat ayahnya, untuk memenuhi perjanjian guru2nya dengan rahib Khu Chi Kie, orang yg melibatkan ayah Kwee Ceng dan Yo Kang dalam urusan luar negeri kerajaan Jin-Song, dan juga menjadi guru Yo Kang. Untuk selanjutnya, diceritakan tentang perjalanan hidup Kwee Ceng mulai dari dia menjadi orang kepercayaan Temujin, kisah cintanya dengan Oey Yong Jie, dan perjalanannya menemukan kembali rasa nasionalisme Song-nya ketika akhirnya Mongol mencoba menaklukan Song setelah Jin. Untuk lebih jelasnya baca aja sendiri, dan maaf saya males ngasih skrinsyut gambarnya, gugling aja😛 hehe..

Saya ngga akan berpanjang lebar menjabarkan ceritanya, cuma ada hal menarik yaitu ada beberapa karakter dari komik itu yang memang benar2 ada dalam sejarah, di antaranya :

Jenghis Khan, dan kroni2nya (maksudnya jenderal2 dan keluarganya:mrgreen: ) yg menganggap Kwee Ceng sebagai keluarga sendiri, bahkan Tolui (anak ke-4 Jenghis) mengangkat saudara dengan Kwee Ceng, dan Jebe (salah satu jenderal andalan Jenghis) adalah guru pertama Kwee Ceng dalam ilmu memanah.

Rahib Khu Chi Kie dari aliran Coan Cin yg kemudian dipanggil mengunjungi Jenghis Khan untuk memberi saran awet muda memang benar2 ada, dikenal juga sebagai Ch’ang Ch’un dari aliran Ch’uan Chin (salah satu sekte Tao).

Setahu saya itu sih, kalo ada yg mau nambahin silakan:mrgreen:

Novel LoTCH sendiri merupakan bagian awal dari trilogi Condor Heroes karya Jin Yong. Bagian kedua adalah Return of The Condor Heroes (yg saya yakin banyak di antara Anda sekalian yg familiar dengan judul ini) dengan Yo Ko, anak Yo Kang, sebagai tokoh utama. Sedangkan bagian ketiga adalah Golok Pembunuh Naga (To Liong To) dengan Thio Boe Kie (yg kebetulan mewarisi Golok Pembunuh Naga buatan Kwee Ceng) sebagai tokoh utama.

Komik berikutnya, yaitu Pendekar Hina Kelana (PHK), dengan judul asli novel yaitu Xiào Ào Jiāng Hú (arti harfiahnya “menertawakan dunia di Jiang Hu”), atau dalam versi Inggris-nya disebut Smiling Proud Wanderer. Latar waktu yang digunakan tidak jelas, tetapi sepertinya terjadi pada masa Dinasti Ming (kata wiki sih😛 ). Menceritakan Linghu Chong, murid pertama perguruan pedang Hua Shan (sebuah perguruan lurus), yg jujur dan baik hati dan hobi minum arak dan bertingkah slengehan😆 hehe.. Linghu Chong kemudian terlibat dengan berbagai intrik antar perguruan2 pedang aliran lurus sendiri dan juga bentrokan dengan aliran sesat, yang membuat kita bertanya-tanya sendiri mana yg aliran lurus dan mana yg aliran sesat😉 hehe.. Selanjutnya diceritakan juga perebutan kitab silat sakti bikinan kasim😆 , juga kisah cinta Linghu Chong sampai dia menemukan jodoh sejatinya.🙂

Setelah menuntaskan membaca PHK, ada beberapa hal yg berkesan buat saya, yaitu (hati2 spoiler, skip aja kalo ga mau tau🙂 ) :

Di volume 12-13, diceritakan tentang pertemuan Linghu Chong dengan Ren Yingying melalui kecapi dan bagaimana Yingying mulai menyukai Linghu Chong. Menurut saya, Ren Yingying ini benar2 tipe tsundere, dia menyukai Linghu Chong tapi selalu menyangkal, malah awalnya menolak diketahui wajahnya sampe disangka nenek2😆 , dan menggunakan berbagai alasan untuk menahan Linghu Chong agar selalu di sisinya😎 (luv u Yingying-chan:mrgreen: hehe). Atao malah bisa jadi masuk kategori yandere, karena tidak segan2 membunuh murid Shaolin untuk melindungi dirinya dan Linghu Chong sebagai bentuk rasa cintanya (seyem)..

Kitab Bunga Matahari yg disebut sebagai kitab ilmu silat terkuat diciptakan oleh kasim di jaman Dinasti Tang. Karena dibuat oleh dan diperuntukkan kepada kasim, maka orang yg mempelajari kungfu tersebut lama-kelamaan kehilangan maskulinitasnya dan menjadi feminin = =’. Contohnya adalah Dongfang Bubai sang ketua aliran sesat yg jadi cowok melambai dan menyukai laki2, atau Lin Pingzhi si murid termuda perguruan Hua Shan yg sudah menguasai kungfu tersebut sebelum menikahi Yue Lingshan sehingga tidak sempat “menggarap” istrinya karena kehilangan “keperkasaan”😆 hihihi… Sampai mati juga saya ngga bakal mau mempelajari kungfu kaya’ gitu😆

Masih tentang “keperkasaan”, di volume 20, Tian Bo Guang, pendekar dari aliran sesat yg dijuluki “Pendekar Pemetik Bunga” karena suka mencabuli gadis2 dan wanita2 cantik, bertobat dan menjadi biksu atas paksaan anjuran biksu Bu Jie. Nah, cara biksu Bu Jie “menganjurkan” Tian Bo Guang untuk menjadi biksu adalah… merobohkannya, menarik celananya, dan mengambil sebilah pisau.. dalam sekejap Tian Bo Guang sudah menjadi biksu😆 (silahkan terka sendiri apa maksudnya, yg jelas saya ngakak guling2 pas baca bagian ini😆😆😆 )

Mengenai artwork kedua manhua tersebut, menurut saya sih biasa2 saja, seperti manhua China/Hk/Tw pada umumnya yg susah dibedakan muka karakter2nya😆 . Tapi jujur saya lebih suka artworknya Lee Chi Ching yg simpel ini ketimbang Tony Wong, yg karakter2 cowoknya digambar terlalu berotot:mrgreen:

Oh iya, sebagai catatan tambahan, sepertinya dalam penterjemahan LoCTH pihak m&c! masih menggunakan nama2 dalam dialek Hokkian yg memang banyak digunakan warga keturunan Tionghoa di Indonesia, misalnya Kwee Ceng kalau dalam dialek Pinyin adalah Guo Jing. Sedangkan untuk penterjemahan PHK sudah menggunakan nama2 dalam dialek Pinyin yg lebih populer dan lebih banyak digunakan dalam bahasa Mandarin.

Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?:mrgreen:

38 Responses to “Membaca Manhua”


  1. 1 lambrtz May 24, 2009 at 07:52

    Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?

    Group Motion Graph
    A Potential Field Based Approach to Multi Robot Formation Navigation
    Tactical Path Finding in Urban Environments
    Spectral based Group Formation Control
    High Precision Formation Control of Mobile Robots Using Virtual Structures

    dll, paper di bidang Robotika.

    *bangun tidur*

  2. 2 Takodok! May 24, 2009 at 08:14

    Daaannn… inti postingan ada di kalimat terakhir😆

    Oh, pantesan sering sebut2 tsundere, ternyata sukanya yang begitu ya, cieh😛

  3. 3 Disc-Co May 24, 2009 at 10:14

    Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?:mrgreen:

    BoBoBo BoBoBoBo

    Manga yang hanya bisa dimengerti oleh orang jenius.😆

  4. 4 jensen99 May 24, 2009 at 10:54

    LoTCH & RoTCH itu benar2 cerita yang indah. Yang saya kagumi adalah, di akhir Return, Sesat Timur, Pendeta Selatan dan Bocah Tua Nakal masih hidup, padahal mereka sudah cukup tua saat LoTCH dimulai dan rentang waktu kedua cerita itu panjang sekali!

    andai saja Ang Cit Kong dan Auwyang Hong tidak mati dengan bodohnya

    Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?

    *link edited, NFSW😉 *
    50 kesalahan pria saat bercinta

    *tidur lagi*

  5. 5 Arm May 24, 2009 at 15:04

    @ lambrtz :😯
    suhu… ^:)^
    ___

    @ Takodok :

    Daaannn… inti postingan ada di kalimat terakhir😆

    itu bukan inti postingan kok😎

    Oh, pantesan sering sebut2 tsundere, ternyata sukanya yang begitu ya, cieh

    kapan saya sering sebut2 tsundere?😕
    biasa aja kali, tsundere ato normal, saya sama2 suka kok😈
    ___

    @ Disc-Co :😆
    Bobobo yg itu.. belom baca sih, tapi katanya humornya bener2 aneh dan hanya diketahui oleh orang yg bener2 gila jenius😆
    ___

    @ jensen :
    hmm… saya masih SD dulu, ngga begitu merhatiin pas nonton RoTCH. kebanyakan fans berpendapat kalo Kwee Ceng, Oey Yong, Ciu Pek Tong (Bocah Tua Nakal), dan Oey Yok Su (Sesat Timur) gugur ketika membela kota Xianyang dari gempuran Kublai Khan (anaknya Tolui) di akhir cerita RoTCH..

    andai saja Ang Cit Kong dan Auwyang Hong tidak mati dengan bodohnya

    Ang Cit Kong itu si ketua Kaypang gurunya Kwee Ceng ama Oey Yong Jie kan, dia mati di RoTCH toh? setau saya di LoTCH sehat walafiat sampe akhir cerita soalnya🙂
    kalo Ouwyang Hong anaknya si Racun Barat itu kan, kalo ga salah dia mati dibunuh Yo Kang gara2 ngegodain Bok Lam Ciu (cewenya Yo Kang) ya?😕

    btw, saya malah lebih suka To Liong To, soalnya Boe Kie-nya dikerubutin banyak cewek dan rada plin plan khas karakter cowo di anime😈😆

    btw lagi, itu bacaannya untuk menggaet cewe yg setahun lebih tua kah?🙄
    *digeplak*😆

  6. 6 lambrtz May 24, 2009 at 17:34

    Wakaka komentarnya jensen99 disensor😆

    *link edited, NFSW😉 *

    Not Fafe Sor Work?😕

  7. 7 Arm May 24, 2009 at 20:16

    ^ typo ah…😆 *lagi ngantuk2 tadi😛 *
    NSFW😎

  8. 8 Sukma May 25, 2009 at 08:41

    Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?

    Novel-novel Chicklit
    Why men marry a bitch
    Next
    Air Gear & Naruto & Team Medical Dragon
    .
    .
    .
    Interaction of Nuclear Receptors with the Wnt/beta-Catenin/Tcf Signaling Axis: Wnt You Like to Know?
    Impact of TCF7L2 rs7903146 on Insulin Secretion and Action in Young and Elderly Danish Twins
    TCF7L2 Regulates Late Events in Insulin Secretion From Pancreatic Islet beta-Cells😐

    *kembali kerja*

  9. 9 dnial May 25, 2009 at 10:06

    Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?:mrgreen:

    Ikut2an ah…
    BAPI Specification for Payment Run.
    X-Men : Emperor Vulcan
    Dark Reign Event Comics (Marvel).
    War of Kings Events (Marvel).
    Dragon Moon, Carole Wilkinson.

    *kembali ngoding*

  10. 10 andyan May 25, 2009 at 10:08

    Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?

    Eragon, Angel and Demon, Eragon, Angel and Demon, Eragon, Angel and Demon *diulangulang*

    btw….
    kenapa beberapa laki2 di atas bernasib sial banget ya
    *serem ah*

  11. 11 syelviapoe3 May 25, 2009 at 13:06

    ngebaca tulisan ini mengingatkan ku pada komik2 sejenis kho ping ho
    he..he..

  12. 12 jensen99 May 25, 2009 at 22:10

    kebanyakan fans berpendapat kalo Kwee Ceng, Oey Yong, Ciu Pek Tong (Bocah Tua Nakal), dan Oey Yok Su (Sesat Timur) gugur ketika membela kota Xianyang dari gempuran Kublai Khan (anaknya Tolui) di akhir cerita RoTCH..

    HAH?!? AFAIK di akhir RoTCH (setelah memukul mundur Mongol di Xianyang), para pendekar kelas atas bertarung lagi di Huashan dan membagi2 gelar. Iteng Taysu yang sudah bukan kaisar dijuluki Pendeta Selatan, Ciu Pek Tong menggantikan almarhum kakaknya digelari Bocah Tua Tengah, Kwee Ceng menggantikan gurunya bergelar Pendekar Utara, Yo Ko menggantikan ayah angkatnya Racun Barat.. saya lupa gelarnya, dan Oey Yok Su tetap jadi sesat timur.

    BtW, Auwyang Hong itu si Racun Barat (anak dia yang Auwyang Hok), beliau gugur di awal RoTCH setelah adu ilmu habis2an melawan Ang Cit Kong (pengemis utara, ketua Kaypang)

    btw, saya malah lebih suka To Liong To […]

    Itu… Heaven Sword and Dragon Sabre kan? Saya lupa total ceritanya…😐

    btw lagi, itu bacaannya untuk menggaet cewe yg setahun lebih tua kah?🙄

    Tidak kok. Dengan cewek yang masih 18 pun tetap saya wajib meminimalisir kesalahan.😉 BtW rata2 cewek yang deket dengan saya (termasuk yang pernah dipacari) memang lebih tua.😉

  13. 13 Arm May 26, 2009 at 01:02

    @ Sukma | dnial :
    hoo…😀
    *cuma kenal komik2 bacaan mbak Sukma aja😛
    ___

    @ andyan :
    mau bernasib sial?😈
    ___

    @ syelviapoe3 :
    hahaha.. karya2 Kho Ping Hoo itu bukan komik kok, lebih tepat serial tjersil alias tjerita silat🙂
    ___

    @ jensen :
    kalo di komik yg saya baca, yg pasukan Mongol mundur itu di akhir LoTCH, yg masih dipimpin oleh Tolui.. mengenai penaklukan Xianyang oleh Kublai Khan, sepertinya itu terjadi di prolog dari To Liong To^^’ dimana para fans kebanyakan berpendapat kalo di event itulah para jagoan dari Hoa San Kunlun ke-3 gugur membela negara🙂
    cerita di To Liong To berkisar ke perebutan pedang langit dan golok naga serta perseteruan antara aliran lurus dengan aliran sesat.. (saya juga udah lupa2 nih😛 ) Kalo ngga salah di To Liong To aliran Coan Cin udah bubar dan berganti menjadi Wudang (Butong)🙂

  14. 14 jensen99 May 26, 2009 at 12:22

    @ arm

    AFAIR di akhir RoTCH pun pasukan Mongol mundur (sesudah tewasnya Hakim Roda Mas). Jangan lupa, penaklukan Song oleh Mongol itu tidak cuma terjadi dalam sekali-dua kali serbuan.😉
    Itu artinya Xianyang jatuh/para jagoan gugur memang sesudah ending RoTCH (prolog To Liong To ya?)

  15. 15 Arm May 26, 2009 at 14:07

    @ jensen :
    yep, sepertinya memang terjadi di prolog To Liong To, yg artinya sesudah ending RoTCH😉
    penaklukan Song oleh Mongol AFAIK merupakan penaklukan terlama dan tersulit, dan baru tuntas di jaman Kublai Khan (yg memang dijatah wilayah timur warisan Tolui).. itu juga diwarnai perebutan kekuasaan di antara para keturunan Jenghis🙂
    setelah dinasti Yuan berdiri, wilayah Mongol secara vistual sudah terbagi menjadi 4 khanate yg berdiri sendiri🙂

  16. 17 Ando-kun May 27, 2009 at 14:38

    Saya ngga tau pasti karena memang belum membaca novel2nya

    Wah, aku justru udah habis baca semua novel karya Jin Yong. Malah belum pernah baca komiknya (kecuali RoTCH punya Tony Wong yang tampilan tokoh Yo Ko kayak Ade Rai).

    BTW, dalam 3 besar novel JY favoritku malah trilogi rajawali nggak masuk. Soalnya aku lbh suka karangan JY yang agak akhir setelah pengalamannya menulis sudah matang

    1. The Duke of Mount Deer
    Ceritanya lucu, penuh intrik, dan sangat unik untuk kategori novel tjersil. Tokoh utamanya Wei Xiaobao saja pemalas, kemampuan silat pas-pasan (buat kabur dari musuh), malah hobinya nipu dan licik abis, serakah, gila duit, tukang main cewek (malah ada adegan dia ngasih obat bius buat ngembat cewek). Baru pertama kali aku baca novel yang punya karakter tokoh utama unik seperti Wei. Akhirnya tidak seperti Thio Buki dlm To Liong To yg hanya milih satu, 7 cewek yang mengerubuti Wei semuanya disikat habis😆

    2. Demi-Gods and Semi-Devils
    Wah, ini buku berat banget unsur filsafat Buddha Hinayana, terutama dalam membahas masalah doktrin Samsara. Untuk beberapa bagian, aku malahan nggak ngerti maksud dan tujuan beberapa bagian dialog. Judul aslinya Tian Long Ba Bu (Delapan bagian Naga langit) saja masih diperdebatkan orang ttg arti dan maksudnya. Novel yang unik dengan unsur filosofinya, buat yang suka filsafat Buddha Hinayana sangat menarik untuk dibaca.

    3. The Smilling Prou Wanderer
    Alias Manhua Pendekar Hina Kelana yg dibaca Locianpwe Arman.
    Novel ini nggak seberat novel yg diatas dalam soal filosofi, tapi intrik politiknya itu tuh yang keren banget.
    Novel ini lebih mirip novel politik yang dibingkai cerita silat daripada sebaliknya. Inget Pemilu setelah reformasi kan? “Kumpulan partai lima gunung” mirip banget sama partai2 gurem yang kalah pemilu dan mencoba ikut lagi dengan berfusi menjadi partai besar untuk menandingi partai yang sudah eksis dan kuat akarnya sejak masa orde baru. Bolehlah Siauwlimpai dialegorikan sebagai partai beringin kuning yang punya sejarah panjang, mengakar kuat dan didukung oleh pemerintah dinasti Ming dan kaum persilatan sebagai partai terbesar. Butongpai sendiri merupakan partai baru yang langsung melejit menjadi partai besar berkat dukungan sana sini. Ini koq mirip banget dengan partai banteng berjuang, yang notabene partai baru tapi cepet besar dan banyak pendukungnya.

    Kayaknya karakter tokoh Yue Buqun yang munafik serta tokoh ambisius yang menghalalkan segala cara seperti Zuo Lengchan banyak bertebaran di arena perpetaan politik dalam dan luar negeri. Memang Jin Yong jagoan dalam merepresentasikan kondisi politik dalam cerita silat.

    Jadi, anda membaca apa akhir2 ini?

    Baca postingan2 menarik para elder blog didunia maya:mrgreen:

  17. 19 aNGga Labyrinth™ May 28, 2009 at 07:35

    Maaf kawan jalan kita berbeda *halaahh….*

    diriku ngak pernah baca kayka gituan
    jadi ngerasa kuper nih

  18. 20 chrysanti May 30, 2009 at 06:48

    aaaiihh.. ini kan film jaman dulu bangeeeett.. ada si legenda ular putih juga.. putrzi huang zu juga keren..

    oiya saya lagi baca Corrosion Prevention and Protection, Filipino for everyone, surface treatment. etc.. hhheheh

  19. 21 afwan auliyar June 1, 2009 at 16:19

    manhua itu cerita china yak …
    kok sy br ngeh dng istelah ntu🙂

  20. 22 Arm June 1, 2009 at 17:04

    @ andyan :
    sial..
    ___

    @ locianpwe Ando :
    hoo.. udah dibaca semua toh novel2 Jin Yong😀
    kayanya yg Duke of Mount Deer menarik:mrgreen:
    dan saya setuju kalo komik2 karya Tony Wong pasti karakter cowo’nya seperti kelebihan steroid😆
    ___

    @ aNGga :
    ah, saya juga ga pernah baca buku java script kok😉
    ___

    @ chrysanti :
    yg legenda ular putih ama puteri huan zhu bukan dari novel karya Jin Yong deh kayanya😕
    belajar Tagalog toh🙂
    ___

    @ afwan auliyar :
    manhua -> komik china
    manhwa -> komik korea
    manga -> komik jepang 😉

  21. 23 Idub June 2, 2009 at 00:18

    Kalo komik Indonesia apa?

  22. 24 Ando-kun June 2, 2009 at 00:57

    @suhu Arm
    semua karya Jin Yong menarik koq. coba baca karya Gu Long (Khu Lung) juga, walau beda genre tp menarik jg. contohnya: serial pendekar harum, si pisau terbang, pendekar empat alis, atau Impeaccable Twin yg sdh dibuat komiknya (termasuk Tapak Sakti-nya Tony Wong)

    komik indo = mangga juragan

    *juragannya komik luar negeri*

  23. 25 phiy June 3, 2009 at 07:59

    seumur-umur aku belum pernah baca manhua,
    istilahnya aja baru tau sekarang😆

  24. 26 andyan June 3, 2009 at 13:50

    apaan sih kok aku disial sialin:mrgreen:

  25. 27 Snowie June 3, 2009 at 16:15

    Hoo… Syukur lah. Kali ini saya cukup familiar dengan beberapa nama sehingga bisa sedikit ngerti sama bahasannya.

    Dulu waktu SD pernah nonton film yo ko. Cerita yang masih ingat tentang memutihnya rambut yo ko karna ditinggal kekasihnya itu atau tulisan tangan.😳

    Sekitaran ini saya lagi semangat-semangatnya baca Gone with the Wind.

    Belum sempat review, selalu berubah pikiran tentang tema yang pengen dibahas😛

  26. 29 Felicia June 4, 2009 at 10:34

    akhir2 ini baca segala macam artikel dan jurnal yang berkaitan tentang kerjaan…
    blogwalking aja sambil agak nyumput2, untung pake cubicle…
    daaammnn…pengen nganggur lagi..hahahaha…

  27. 30 Asop June 4, 2009 at 18:37

    Aih, komik cina yah??

    Makasih nih infonya, saya baru tahu namanya komik Manhua….🙂

    Jujur aja, saya ga suka komik jenis ini… saya pusing baca komik ini… gambarnya terlalu realis. Bikin mata saya “mbelenger” kalo kata rang Surabaya…😦

  28. 32 Arm June 9, 2009 at 02:23

    @ Idub :
    komik Indonesia ya “komik”:mrgreen:
    __

    @ locianpwe Ando :
    jangan panggil suhu, ah.. ga pantes :-j :p
    Tapak Sakti saya pernah baca dan pernah punya (saya jual lagi😛 ), dan yg ngeselin ya itu, Sembilan Benua-nya jadi dewa sekali😆 mana sampe jilid 100 ternyata masih nyambung ke judul baru lagi..
    khas Tony Wong katanya, suka ngerubah-rubah cerita seenaknya dan penggambaran karakter cowo pasti seolah-olah kelebihan steroid😆
    __

    @ phiy :
    ya cobalah sekali-kali baca:mrgreen:
    __

    @ andyan :
    :-” *siyul2*
    __

    @ Snowie :
    hoo.. syukurlah bisa membantu bernostalgila:mrgreen:
    Gone with The Wind ya.. itu jaman perang juga kan ya..?😕
    __

    @ geulist133 :
    hehe.. seperti biasa, soal award saya ga janji ngerjain:mrgreen:
    thx btw😉
    __

    @ Felicia :
    yaa.. dinikmati laa waktu2 bersama kerjaannya😉
    jangan lupa sempatkan baca komik😆
    __

    @ Asop :
    iya, komik China😉
    IMO realis-nya masih lebih mendingan kok ketimbang American style yg realis-nya serem2😛
    tapi saya juga ngga terlalu suka sih, tetep selera saya di manga😎
    __

    @ Kayas :
    ya begitu, budhe..🙂

  29. 33 Ando-kun June 9, 2009 at 09:12

    @Arm
    jangan panggil locianpwe ah…. emangnya umur saya udah mencapai seratus tahun kayak pendiri Wu Dang, Zhang San-feng sampai dipanggil Locianpwe:mrgreen:

    <a href="“>Jue Dai Shuang Jiao atau jg dikenal sbg pendekar binal (terjemahan cersil Indo), Legendary Twins, Amazing Twins, Handsome Siblings, dll menurutku adalah novel terbaik yang pernah dikarang oleh Gu Long.

    Sudah banyak adaptasi film maupun komiknya. Mungkin komik adaptasi yg paling ngetop di Indo adalah Tapak Sakti-nya Tony Wong.
    Sayangnya, walaupun awalnya plot cerita memang mengambil dari JDSJ asli, ujung2nya malah melenceng abis nggak keruan. Contohnya aja tokoh utama si kembar Devilito (si ikan kecil Xiao Yu’er/Siao Hiji) dan Samsun (Hua Wuque/Hoa Bukoat) malah dibikin mati, dan tokoh pendamping Sembilan Benua (Yan Nantian/Yan Lamthian) malah diplot jd tokoh utama yg udah gak ketulungan jagonya. Yg bikin sebel ada tokoh baru yg sama sekali nggak nyambung (Balung Perkasa) dgn steroid yg udah masuk level Body Super.

    Ada lagi adaptasi Manhua karya Ho Ce Wen alias Ho Chi Man yang dikasih judul inggris Impeccable Twins terbitan M&C dan lumayan mengikuti plot aslinya. Begitu serinya aslinya habis, muncul komik sambungannya yg judulnya Knight of Kangouw dgn cerita karangan sendiri oleh pelukis komiknya.

  30. 34 Snowie June 9, 2009 at 11:06

    Iya. Berlatar tahun 1962-1964 kalo gak salah. Perang yang banyak diceritakan di buku itu adalah perang antara orang-orang yankee dan orang Selatan.

    Tapi tentu saja saya fokusnya lebih ke kisah cinta antara Scarlet O’Hara, kapten Butler dan Asley wilkes. (Gak yakin dengan spelling nama mereka)

    Juga ajaran-ajaran norma yang berlaku di jaman itu. Tentang bagaimana sikap seorang gentlemen dan sikap seorang gadis terhormat dari kalangan bangsawan.

  31. 35 Snowie June 10, 2009 at 14:57

    *ralat*

    Setting Latar: Tahun 1862-1864

    ~ kali ini gak salah deh*

  32. 36 Arm June 11, 2009 at 11:05

    @ suheng Ando :
    hoo.. pantesan Twins yg kedua banyak dihujat:mrgreen:
    hmm.. cersil2 di Indo rata2 pake penamaan dialek Hokkian sih, jadi rada mbingungin kalo mbacanya😆 *teringat masa2 baca Kho Ping Hoo pas SD dulu😆 *
    konon kabarnya Lee Chi Ching itu juga pernah menggambar komik tentang Sun Zi Bing Fa (art of war-nya Sun Zi) dan Shui Hu Zhuan (Suikoden/batas air), cuma kok belom diterbitin di Indo ya..:mrgreen:
    ___

    @ Snowie :
    hoo.. pantesan saya rada heran, di tahun 1962-1964 ada perang apaan:mrgreen:
    orang yankee bukannya orang amrik secara umum?😕

  33. 37 Snowie June 12, 2009 at 13:23

    😆 😆
    Sebenarnya saya kesal sendiri waktu menyadari ketidaktelitian saya itu. Ceritanya saya sedang nonton TVe yang menayangkan tentang kota Bonn, dan menyebutkan sesuatu tentang Beethoven di sekitaran tahun 1800-san. Melihat tahun itu, langsung saya ingat dan sadar kalo saya udah melakukan ketololan.:mrgreen:

    Saat itu, Saya bahkan komentar kediri sendiri “tahun 1962? bahkan di Indonesia aja udah ada mobil. sementara di buku itu diceritakan alat transportasi darat mereka kereta api dan kereta kuda.
    .
    .

    Orang yankee adalah Orang Amerika Utara dengan pusat pemerintahan di New York.

    Juga diceritakan, antara orang yankee dan selatan, memiliki budaya yang berbeda. Terlebih mengenai kepemilikan budak kulit hitam.
    Bangsawan dari selatan mempekerjakan budak di rumah dan kebun mereka…

    Sementara orang yankee berpendapat bahwa perbudakan harus dihapuskan dan mereka tidak mempercayai seorang negro untuk mengasuh anak-anak mereka.

    Begitulah…😛

  34. 38 lamerbootjah tololiu May 5, 2010 at 01:58

    aku suka ceita tapak sati,tiger wong,crazy cuy,pukulan geledek,saint saiya,killed sword,dllnya… andalan aku sembilan benua dan tiger wong…dri smp aku penggemar berat;))..:-bd………


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: