Archive for April, 2009

Kasim

Disebut juga sida-sida, yaitu laki-laki yang dikebiri. Dalam bahasa Inggris disebut “eunuch” yang berasal dari bahasa Yunani “eunouchos” yg artinya “penjaga tempat tidur“. Sejak jaman dulu di Timur Tengah dan Asia Timur (khususnya China) para kasim sudah dipekerjakan sebagai pengurus rumah tangga harem atau keputren raja. Raja-raja jaman dahulu lazim memiliki banyak selir, selain sebagai simbol kekuasaan, juga untuk menjaga agar sang raja selalu mempunyai keturunan agar dapat melanjutkan dinastinya (meskipun lebih sering menimbulkan perang saudara memperebutkan kekuasaan). Laki-laki dilarang memasuki area keputren, demi menjaga kemurnian keturunan sang raja. Karena itu, dipekerjakanlah para kasim, yg sudah pasti steril, untuk mengurus segala keperluan di keputren tersebut. Bahkan di China kuno, tidak hanya harem atau selir, para kasim juga bertugas mengurus keperluan pribadi kaisar dan sering juga tumbuh bersama sebagai teman sepermainan maupun pengawal pribadi. Dengan akses ke istana yang luas dan kedekatan dengan kaisar, kasim seringkali memiliki pengaruh besar dan malah mengendalikan kebijakan2 pemerintahan di China kuno, yang kemudian berakibat fatal. Tidak aneh kalau banyak sejarawan mengkambing hitamkan kasim sebagai salah satu penyebab dari berbagai peristiwa keruntuhan dinasti di China kuno. Sementara di Timur Tengah,para kasim ada juga yang dipekerjakan di urusan administrasi istana. Bahkan di Mesir, sebutan kasim dialamatkan kepada pejabat istana, tak peduli mereka dikebiri atau tidak. Pendayagunaan kasim sebagai pengurus istana mencapai puncaknya di masa Kerajaan Byzantine di Konstantinopel (sebelum berganti menjadi Istanbul). Setelah itu penguasa Muslim umumnya mempekerjakan kasim sebagai pejabat pengurus istana harem.

Umumnya para kasim berasal dari kalangan tawanan perang atau budak yang masih anak2. Mereka dikebiri sedari kecil dan diberi pelatihan khusus tentang pengurusan keperluan istana harem maupun istana raja, ada juga yag dipersiapkan sebagai pengawal/pelayan pribadi kaisar. Di Eropa sendiri pernah terdapat praktik pengebirian anak laki2 untuk menjaga suara soprano anak kecil agar tidak berubah ketika tumbuh dewasa. Orang2 tersebut disebut castrati. Praktik ini sempat populer di Italia di abad ke-18, dan salah satu soprano terkenal Carlo Broschi Farinelli adalah seorang castrati. Praktik ini berhenti ketika Paus Leo XIII diangkat pada tahun 1878.

Proses pengebiriannya, eerrr… awalnya saya sempat bingung apakah dipangkas habis “sosis” dan “bakso”-nya atau bagaimana. Tetapi setelah saya baca2 di sini dan di sini, tampaknya sampai sekarang praktik pengebirian masih berlangsung dengan proses yg sepertinya sama dan didasarkan oleh berbagai alasan. Proses yg dilakukan di masa lalu sepertinya hanya memangkas “bakso”-nya sementara “sosis”-nya dibiarkan apa adanya karena toh sudah tidak bisa nendang. *duh.. bahasa saya* (doh) = =’ Btw, saya malah ngerasa ngilu sendiri dan merinding pas baca2 link itu *brrrrr…* = =’

Sepertinya segini saja, akhir2 ini saya disindir kalo postingan saya pasti tl;dr, jadi ya saya cukupkan saja ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜›
Kalo mau baca2 lebih detil silakan klik sini atau sini

Sins of Beauty

Di bulan April ini, biasanya bangsa Indonesia lagi heboh-hebohnya mendengungkan emansipasi wanita, karena kebetulan di bulan April ini lahir salah satu tokoh wanita yg namanya nongol di buku pelajaran Sejarah SD sebagai pelopor emansipasi wanita. Nah, berbicara mengenai wanita, tentu biasanya tidak terlepas dari kata โ€œcantikโ€ maupun โ€œkecantikanโ€. Ngomong2 soal kecantikan, kecantikan seorang wanita tercatat telah dapat memicu terjadinya perang, memecah belah penguasa, dan bahkan menghancurkan suatu pemerintahan. Berikut ini adalah contoh singkat kisah di mana kecantikan berandil besar dalam suatu peristiwa ๐Ÿ˜‰

___

Helen of Troy

Menurut mitologi Yunani, Helen adalah wanita tercantik di Yunani. Dia adalah anak dari Zeus dan Leda. Ketika kecil, dia pernah diculik oleh Theseus untuk dinikahi ketika matang ๐Ÿ˜ˆ , tetapi akhirnya diselamatkan oleh kakaknya Castor dan Pollux. Ketika beranjak dewasa, Helen diperebutkan cintanya oleh para pahlawan dan ksatria saat itu. Karena itu, Tyrandeus, ayah tirinya, memaksa semua ksatria dan pahlawan yg memperebutkan Helen untuk bersumpah mematuhi keputusan Helen akan suaminya, serta untuk bersatu membelanya jika ada seseorang yang membawa kabur Helen dengan paksa. Pada akhirnya Helen menikah dengan Menelaus, raja Sparta.

Sementara sebelumnya di Troya, pangeran Troya yg dibuang, Paris, didatangi oleh 3 orang dewi yang sedang bertengkar menentukan siapa di antara mereka yang paling cantik. Hera, Athena, dan Aphrodite tertarik pada kegantengan Paris dan memutuskan untuk menanyakan kepadanya siapa yang paling cantik di antara mereka dan paling pantas untuk mendapatkan apel emas simbol kerupawanan, setelah Zeus menolak memberikan penilaian. Masing2 dewi berusaha menyogok Paris dengan kenikmatan duniawi. Hera menawarkan kekuasaan atas Eropa dan Asia, Athena menawarkan kekuatan militer yang mengalahkan Yunani, sedangkan Aphrodite menawarkan wanita tercantik di dunia yaitu Helen istri Menelaus. Dan akhirnya Paris pun memilih Aphrodite, yang kemudian menjanjikan wanita paling rupawan itu kepadanya di masa depan, padahal saat itu ia sdang berpacaran dengan Oenone, seorang peri hutan. Dua dewi yg lain sangat dendam kepada Paris karena hal ini.

Bertahun-tahun kemudian, Paris kembali ke istana Troya setelah memenangi sayembara pemilihan panglima perang. Identitasnya sebagai pangeran Troya terungkap dan kedudukannya sebagai pangeran pun dipulihkan. Ketika Paris mengadakan kunjungan kenegaraan ke Sparta, ia disambut baik oleh Menelaus dan Helen. Menyadari bahwa Helen adalah wanita yg dijanjikan oleh Aphrodite, Paris membujuk Helen supaya bersedia kawin lari dengannya ke Troya. Helen, yang terbius oleh ketampanan Paris dan juga dibawah pengaruh mantra Aphrodite, menurut. Mereka kemudian kabur ke Troya ketika Menelaus lengah. Alhasil, Menelaus murka dan dengan segera Sparta menyatakan perang dengan Troya setelah mereka menolak mengembalikan Helen. Polis2 Yunani lain pun bersekutu dengan Sparta untuk memerangi Troya. Aliansi ini menghasilkan armada yg terdiri dari 1000 kapal yang mengepung Troya. Pengepungan ini berlangsung selama 10 tahun, tanpa hasil berarti karena Troya sepertinya masih sanggup menahan serbuan Yunani.

Di tahun ke-10, situasi berbalik. Hector, kakak Paris yang pewaris tahta Troya, terbunuh oleh Achilles, pahlawan perang terkenal Yunani. Achilles sendiri kemudian terbunuh oleh Paris setelah bagian atas tumitnya (saya lupa kanan ato kiri) yang merupakan kelemahannya dipanah oleh Paris (makanya ada istilah tendon Achilles). Paris kemudian berduel dengan Menelaus dengan disaksikan oleh Helen dan Raja Priam, ayah Paris yg juga raja Troya. Menelaus hampir saja menang ketika Aphrodite turun tangan menebarkan kabut dan melarikan Paris, dan sekali lagi Troya gagal ditundukkan. Salah satu pahlawan Yunani, Odysseus raja Ithaca, akhirnya mengemukakan strategi briliannya. Ia memerintahkan prajuritnya membuat patung kuda raksasa dari kayu dan meninggalkannya di perkemahannya. Para pahlawan Yunani, termasuk Menelaus dan Odysseus, dan prajurit pilihan bersembunyi dalam patung kuda tersebut, sementara prajurit sisanya disuruh mundur untuk bersiaga. Pasukan Troya yg melihat pasukan Yunani mundur dan hanya meninggalkan patung kuda raksasa mengira Yunani telah menyerah dalam usahanya mengepung mereka, dan menganggap patung kuda kayu tersebut sebagai tanda persembahan untuk mereka. Patung kuda kayu raksasa itu pun digiring masuk ke dalam kota Troya, dan mereka berpesta besar2an menyambut kemenangan mereka. Ketika pasukan Troya sudah mulai mabuk dan tertidur setelah puas berpesta, pasukan khusus Yunani keluar dari patung kuda tersebut dan mulai membantai pasukan dan seisi kota Troya. Pasukan Yunani yang tadinya mundur kembali ke garis depan untuk menghancurkan dan menjarah kota Troya. Di tengah kekacauan itu, Paris terpanah oleh Philoctetes dan terluka parah mematikan. Oleh pengikutnya ia kemudian dibawa ke Oenone yang memiliki obat penyembuh. Tetapi Oenone menolak menyembuhkan Paris sehingga Paris akhirnya mati penasaran. Oenone kemudian bunuh diri dalam kesedihan.

Sementara itu Troya berhasil dihancurkan, istana dan kota dibakar, keluarga kerajaan dan pejabat istana dibantai, dan sisa2 penduduknya kabur keluar Troya. Menelaus mendapatkan kembali apa yg diinginkannya, yaitu Helen, dan segera kembali ke Sparta untuk hidup dalam kemegahan bersama Helen dan mempunyai serang puteri yang bernama Hermione.

___


Diao Chan

Di akhir era Dinasti Han di China kuno, pasca pemberontakan turban kuning, kekuasaan kaisar ada di tangan tiran Dong Zhuo. Ia menyatakan diri sebagai perdana menteri dan mengontrol mutlak Kaisar Xian sebagai bonekanya. Ia membangun istana di Changโ€™an dan memindahkan ibukota kerajaan ke situ dari yang tadinya di Luoyang. Salah seorang menteri senior, Wang Yun, merasa tidak suka dengan Dong Zhuo dan berusaha menyingkirkannya. Dong Zhuo memiliki seorang anak angkat, seorang pejuang hebat bernama Lu Bu. Ia sangat kuat, dan tak terkalahkan dalam setiap pertarungan. Wang Yun paham bahwa untuk menyingkirkan Dong Zhuo, maka Lu Bu harus dijauhkan dulu darinya. Kebetulan Wang Yun memiliki seorang pelayan sekaligus penari yg bernama Diao Chan. Ia sangat cantik, pandai menyanyi dan menari, dan disebut-sebut sebagai salah satu wanita tercantik dalam masa China kuno. Oleh Wang Yun, Diao Chan diberitahu rencananya untuk memisahkan Dong Zhuo dengan Lu Bu. Karena sejak kecil ia sudah dirawat oleh Wang Yun, Diao Chan tanpa ragu menuruti rencananya.

Maka suatu hari Wang Yun mengundang Lu Bu ke rumahnya untuk makan malam dan membicarakan hal2 pemerintahan. Ketika jamuan makan malam tiba, Diao Chan disuruh menari untuk menghibur Lu Bu. Tertarik oleh kecantikannya, Lu Bu bertanya kepada Wang Yun bolehkah ia mengambil Diao Chan sebagai selirnya. Oleh Wang Yun dia dijanjikan untuk diberi Diao Chan pada hari baik. Lu Bu pun pulang dengan gembira. Beberapa hari kemudian Wang Yun mengundang Dong Zhuo dengan keperluan yg sama, dan juga menyajikan tarian Diao Chan sebagai hiburan. Dong Zhuo pun tertarik dengan kecantikannya, dan oleh Wang Yun ditawarkan apakah mau mengambil Diao Chan sebagai selir. Dong Zhuo langsung setuju dan membawanya pulang ke istananya malam itu juga ๐Ÿ‘ฟ

Ketika Lu Bu mengetahui bahwa Diao Chan sudah diboyong Dong Zhuo, ia marah2 kepada Wang Yun. Tapi Wang Yun beralasan bahwa Dong Zhuo membawanya untuk kemudian diserahkan kepada Lu Bu, dan mempertanyakan mengapa belum diserahkan juga. Maka Lu Bu pun menuju istana Dong Zhuo dan menemui Diao Chan secara rahasia di taman. Kepada Lu Bu Diao Chan mengaku sambil menangis bahwa dirinya dipaksa dan tidak tenteram bersama Dong Zhuo karena sudah kadung cinta kepada Lu Bu. Sialnya, tiba2 saja Dong Zhuo masuk ke taman itu dan memergoki mereka berdua. Lu Bu segera kabur dan dikejar sambil dilempar sendal oleh Dong Zhuo, dan lolos. Kepada Dong Zhuo, Diao Chan mengaku sambil menangis kalo Lu Bu berusaha membawanya kabur meskipun dia menolak. Akhirnya permusuhan pun timbul di antara Dong Zhuo dan Lu Bu.

Setelah memastikan sudah ada rasa permusuhan, Wang Yun pun menghasut Lu Bu untuk menyingkirkan Dong Zuo dan menguasai Diao Chan serta kerajaan untuknya sendiri. Setelah sempat ragu2, akhirnya Lu Bu membunuh ayah angkatnya dan membawa kabur Diao Chan ke Changโ€™an. Kaisar Xian yg merasa terancam mengungsi kembali ke Luoyang dan keadaan menjadi vacuum of power secara de facto karena Dong Zhuo si pemegang kekuasaan sebenarnya terbunuh. Para warlord yg tergabung dalam aliansi Guangdong melawan combo Dong Zhuo – Lu Bu yg sebelumnya sudah kewalahan, kembali mendapat angin segar. Pada akhirnya Lu Bu sempat kabur ke berbagai kota, bersekutu dengan Liu Bei, menengahi perselisihan Liu Bei-Yuan Shu, mengkhianati Liu Bei, dan akhirnya ditangkap oleh pasukan gabungan Liu Bei dan Cao Cao di kota Xiapi setelah dikepung beberapa minggu.

Lu Bu akhirnya dihukum mati oleh Cao Cao, sedangkan Diao Chan tidak jelas nasibnya bagaimana. Ada yg bilang kalo dia dihadiahkan ke Guan Yu, tapi kemudian dibunuh oleh Guan Yu untuk menghindari kejadian yg menimpa Dong Zhuo – Lu Bu terulang pada Liu Bei โ€“ Guan Yu โ€“ Zhang Fei

___


Jadi, inti postingan saya itu, kecantikan wanita itu benar2 berbahaya. Ia bisa memicu perang, menimbulkan pengkhianatan, bahkan menggulingkan kekuasaan. Mengutip sebuah lagu, “wanita, racun duni~a” *halah* ๐Ÿ˜ˆ . Senjata terampuh wanita adalah kecantikan dan air matanya, so lads or gents, always treat your lass or lady carefully ๐Ÿ˜†

Justice For The 96

15-04-2009

it’s been 20 years…

Justice for The 96

Justice for The 96

may you all rest in peace, mates…

and let your souls guide our army to struggle toward 19 in the rest of this season, especially after kicked out by Chelsea from UCL in a spectacular match last night

though your dreams be tossed and blown

YOU’LL NEVER WALK ALONE

p.s. don’t buy The Sun ๐Ÿ˜Ž

Anime/Manga’s style software

meganeko

meganeko

or

normal

normal

So, why don’t you try yours? Download the software here or here for additional character setting. FYI, it uses that so called “Bahasa Dewa” and will looks chaos when it executed on English based Windows XPย  ๐Ÿ˜› . Just try to explore the software by yourself, like clicking any clickable things ^^’. Here’s the interface of the software :

interface

interface

To save your result, just press F5 or F6, or find it at the top-left tab (F). Default file’s type is PNG.

credit to : suhu Atyas ^^

source : KAKG and dannychoo

To Aru Indoneshia-jin no Index

Saya bikin postingan ini ngga ada maksud tertentu kok ^^’. Hanya saja, tadi saya barusan mengkhatamkan nonton anime To Aru Majutsu no Index di eps 24. Dan kebetulan, beberapa hari yg lalu ketika saya baca2 di sebuah topik di sebuah forum tentang anime ini saya menemukan sebuah postingan yg membuat saya otomatis ngakak ketika menelusuri url yang diberikan ๐Ÿ˜†

Di sebuah situs yg mengkhususkan pada hal2 nyeleneh yg berbau anime, saya menemukan gambar ini :

index?

index?

dan coba Anda bandingkan dengan versi aslinya :

Index-chan

Index-chan

:mrgreen:

Setelah jalan2 di topik dan forum lain, saya menemukan postingan yg merujuk ke gambar yg sama ๐Ÿ˜†

Intinya sih, saya cuma pengen berbagi bahan senyuman sahaja, ngga ada maksud kampanye ato menjelek-jelekkan pihak tertentu ^^’. Sepertinya sih murni kebetulan caleg itu berpose sedemikian rupa supaya “tampak alim”, tapi malah jadi seakan-akan crossdress cosplay jadi salah satu karakter loli tsundere yg rada terkenal akhir2 ini ๐Ÿ˜†

p.s. : setelah melihat-lihat foto caleg lain di salah satu link di atas, saya cuma bisa ikutan komentar, “Indonesia memang luar biasa” :mrgreen:

note : picture edited ^^