Sumpit…

Di antara bangsa2 di dunia, hanya bangsa Asia Timur yang secara tradisi menggunakan sumpit sebagai alat makan. Tetapi sadarkah Anda terdapat perbedaan antara sumpit2 yg digunakan ketiga bangsa tersebut? Secara tradisi, sumpit China merupakan sumpit yang paling panjang, sedangkan sumpit Jepang merupakan yg paling pendek, sementara sumpit tidak terlalu penting bagi orang Korea. Mengapa bisa begitu?

China merupakan negara daratan, dengan daging dan padi yang melimpah. Masakan China kebanyakan berupa campuran daging dan sayur yang digoreng dan dimakan selagi masih panas, karena itu dibutuhkan sumpit yang panjang untuk mengambil/mengaduk makanan tanpa khawatir kepanasan😉

Sedangkan di Korea, dulunya daging rada jarang diperoleh, sehingga kebanyakan masakan Korea berupa sop. Maka dari itu, sumpit Korea tidak sepanjang sumpit China, dan statusnya cuma sebagai peralatan tambahan. Untuk makan nasi orang Korea make sendok, satu2nya bangsa Asia Timur yg memakai sendok secara tradisi :mrgreen:

Sementara di Jepang, dulunya nasi itu rada jarang diperoleh, sehingga orang Jepun mencampur nasi dengan berbagai macam sereal untuk menambah asupan karbohidrat. Penambahan sereal itu membuat nasi menjadi lebih mudah lepas, sehingga orang Jepang mendekatkan mangkok nasi-nya ketika makan supaya tidak membuang-buang nasi. Sumpit yang pendek cocok digunakan untuk hal ini😉

Kalo di Indo dan negara lain pada umumnya sih, sumpit ya buat makan mie ayam:mrgreen:

*btw, saya masih tetep aja heran dengan kemampuan orang Jepun dan China untuk makan nasi make sumpit -_-‘ *

24 Responses to “Sumpit…”


  1. 1 Sukma February 25, 2009 at 16:37

    Jadi inget sumpit di tukang mie ayam yang berwarna hitam, agak sedikit bengkok, dengan cat yang agak terkelupas di bagian ujung… yugh😕

  2. 2 Arm February 25, 2009 at 19:24

    hehe, sumpit mie ayam yg item itu ya:mrgreen:

    tapi rasanya emang ngga afdol kalo makan mie ayam ngga pake sumpit😛

  3. 3 bocahbancar February 26, 2009 at 05:00

    Hohohoho..

    Kalo Indonesia mah Tangan 5 jari yang main, bahkan kadang hingga sekepalan juga bisa masuk mulut he he he..

    Salam Bocahbancar….

  4. 4 kucingkeren February 26, 2009 at 12:17

    sumpah… aku teteup aja gak bis apake sumpit ini..padahal makanan kesukaanku sushi dan mi… :-((

  5. 5 Takodok! February 26, 2009 at 14:13

    saya gak bisa pakai sumpit dan sellau ditertawakan kalo nekat memakai sumpit di depan teman-teman😦

    jadi, yg digunakan di sini sumpit ala china, jepang, atau korea?:mrgreen:

  6. 6 antokoe™ February 26, 2009 at 18:52

    makan mie pakai sumpit memang menimbulkan nuansa lain…., pegel,
    tapi gak kalah sama bangsa cina, korea atau jepang.

  7. 7 Lilih Prilian Ari Pranowo February 26, 2009 at 21:41

    orang indonesia lebih hebat lagi. kalau jepang pakai sumpit, orang indonesia pakai daun pisang, itu sekalian piringnya juga lho.

  8. 8 Novi~Atrix February 27, 2009 at 11:59

    ya, indonesia pake cuma buat makan mie aja😀
    hmm…. heran juga sih kenapa mereka (jepun & korea) bisa makan nasi pake sumpit… saya pernah tes …, weitsss susah bokkkk

  9. 9 yoan February 27, 2009 at 14:31

    kalo org jepang ama korea maen nasi pake sumpit, itu nasinya emang jenisnya yng bisa di’pegang’ sama sumpit.

    tp itu kan soal habit aja lagi.
    krn dr kecil mreka makan pake sumpit.
    coba kalo kecilnya idup di indonesia en makan pake jari tangan, bisa pada stress tu kalo balik ke jepang n disuru makan pake sumpit…
    😀

  10. 10 grace February 27, 2009 at 23:49

    saya makan pake sumpit cuman kalo kebetulan makan di hokben atau mie ayam (tapi ujungnya pake sendok juga buat makan kuahnya)
    btw, kalo sushi tu penting kah pake sumpit? repot soale..😕

  11. 11 Rian Xavier February 28, 2009 at 10:35

    Saya sukanya pake sumpit china tuh.🙂

  12. 12 Arm February 28, 2009 at 19:52

    @ bocahbanjar : xixixi… kalo makan sop pake tangan gimana tuh😛

    @ kucingkeren : belajarlah diwarung mie ayam😉

    @ Takodok : yg di sini kayanya sumpit jepun deh, pendek gitu😀

    @ antokoe : pijet jari habis make sumpit😆

    @ Lilih : hehe, ramah lingkungan dong😆

    @ Novi : makanya buat makan mie aja😛

    @ yoan : jadi karena kebiasaan aja toh (btw orang korea ga makan nasi pake sumpit)

    @ grace : kuahnya disruput langsung dari mangkok dong:mrgreen:

    @ Rian : karena makannya di restoran China?😛

  13. 13 Rukia March 3, 2009 at 09:13

    Saya suka makan pake sumpit, kecuali makan sop biz ga enak, tetep enakan pake sendok:mrgreen:

    hmm…mungkin emang karena sudah terbiasa makan dengan sumpit, makanya jepang,china bisa makan nasi pake sumpit. Kan ada istilahnya tuh “bisa karena biasa”😉 pas pertama nyoba sih emang susah tapi lama-lama saya bisa kok makan nasi pake sumpit, walaupun ga sehebat orang jepang atau china sih

  14. 14 lambrtz March 3, 2009 at 09:14

    *btw, saya masih tetep aja heran dengan kemampuan orang Jepun dan China untuk makan nasi make sumpit -_-’ *

    Sebenarnya ga begitu sulit kok. Belajar teorinya terus dipraktekin 1-2 minggu juga udah bisa:mrgreen:

  15. 15 Puisi Cinta | Lirik Cinta March 4, 2009 at 03:08

    paling enak makan mie ayam pake sumpit🙂 salam kenal

  16. 16 andyan March 4, 2009 at 13:21

    kalo aku makek sumpit bisanya nusuk2 doank:mrgreen:
    klo makan nasi sih, pake tangan aja dehh

  17. 17 aNGga Labyrinth™ March 4, 2009 at 20:19

    Klo di sini palingan do kokop atau pake tangan tradisi nya😛

  18. 18 Arm March 5, 2009 at 00:02

    @ Rukia & lambrtz : jadi memang karena biasa ya?

    @ Puisi cinta : salam kenal juga🙂

    @ andyan : wah, itu bukan sumpit tapi sunduk sate😛

    @ aNnga : makanannya aja pecel, ya emang wajar pake tangan (though I prefer spoon & fork:mrgreen: )

  19. 19 ansella March 6, 2009 at 10:24

    saya termasuk pede makan nasi pake sumpit… hehehehehe
    ‘pede’

  20. 20 Asop March 6, 2009 at 11:06

    *btw, saya masih tetep aja heran dengan kemampuan orang Jepun dan China untuk makan nasi make sumpit -_-’ *

    Etoooo… itu kamu heran ama mereka karena kemampuannya yg baik ato buruk? ^.^

    Make sumpit cukup gampang juga sebenernya, kalo untuk sekedar makan biasa loh. Kalo untuk mengupas tulang ikan pake sumpit, itu cuman orang sana yg bisa…

  21. 21 am2386 March 10, 2009 at 21:23

    pake garpu aja gan, lebih praktis, kagak ribet…

  22. 22 Lumiere March 12, 2009 at 20:48

    *terkenang pertama kali belajar makan pake sumpit*
    kata teman saya.. Chokkara.

    kapan2 makan sushi bareng yuk…:mrgreen:

  23. 24 isty February 24, 2010 at 09:57

    saya mahasiswi sastra jepang tp merasa agak susah juga pke sumpit sklipun bisa dikit2, yahb ….. sy sih suka budaya ISLAM pke jari lebih afdhol Makannya… buat tmmand2 add facebook sy ya… aremanita.pusamanita@gmail.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: