orang buta dan lentera

Ada seorang buta. Oleh temannya dikasihnya sebuah lentera. Si Buta itu protes.
“Untuk apa saya dikasih lentera, kan saya ngga bisa melihat”, begitu pikirnya.
Temannya bilang, “Kamu mungkin ngga bisa lihat, tapi orang lain kan bisa. Ini berguna supaya orang lain tidak menabrakmu di waktu malam.”
Orang buta itu manggut-manggut.
Ketika malam tiba, Si Buta itu pun berjalan dengan menjinjing lentera itu. Tiba-tiba dia ditabrak sama seseorang.
“Hei! Apa-apaan nih? Ngga liat lentera ini ya?” hardik Si Buta.
“Maaf,” kata si penabrak, “lentera Anda mati, jadi saya tidak melihatnya.”
Si Buta pun berkata dengan malu-malu, “Oh, kalau begitu tolong nyalakan.”

Cerita di atas saya dapet dari 2 sumber, kisah China klasik ama kumpulan kisah Nasrudin(*). Saya ngga tau mana yg duluan, mungkin aslinya dari China terus terbawa ke Turki via jalur sutera atau melalui prajurit2 pengikut Mongol yang menguasai Asia saat itu. Yang jelas, yang saya permasalahkan di sini hikmah dari cerita itu. Sampe sekarang saya masih belum paham, apakah itu sekedar cerita humor rada garing atau mengandung suatu kebijakan. Ada yang tau?

catatan zikil :
(*)Nasrudin Hoja, mullah (cendekiawan) fiktif di  jaman Ottoman awal. Sikapnya nyentrik dan jenaka tapi juga bijaksana. Pertama kali muncul dalam cerita2 yang digunakan oleh para sufi untuk mengajar murid2nya

7 Responses to “orang buta dan lentera”


  1. 1 Lex dePraxis August 18, 2008 at 23:20

    Anekdot pasti bertujuan untuk menyampaikan kebijakan.

  2. 2 khofia September 7, 2008 at 10:28

    mungkin sama dengan tips n trik berkendara di malam hari. anda kudu melihat, dan juga kudu terlihat!

  3. 3 duniafannie September 14, 2008 at 05:55

    petuah bijaknya…
    tetaplah waspada, agar tdk tertabrak.
    ada pepatah mengatakan, ‘sing eling lan waspodo..’ hehehe… ^kunjungan balik,bos. mampir lg ya..🙂

  4. 4 lambrtz March 15, 2009 at 01:05

    Petuahnya: ojo kemaki!:mrgreen:

  5. 5 Arm March 15, 2009 at 11:13

    @ lambrtz : masih sensitif Man Yoo kalah telak di kandang sendiri nih😉
    *ngabur sebelum dilempar tikus*

  6. 6 lambrtz March 15, 2009 at 12:34

    Hlah…😆
    Ga ada hubungannya lah😆
    Lagipula MU kalah toh saya ga segitunya murung…yang kalah kan mereka, bukan saya😛

  7. 7 L August 6, 2009 at 16:57

    :mrgreen:
    *antara nyengir geli sama nyengir sakit*


Leave a Reply

