Maison Ikkoku

Maison Ikkoku, salah satu manga awal karya Takahashi Rumiko(*1). Kalo ngga salah dibuat tahun 80-an, karena setting-nya sendiri tahun 1981-1987. Merupakan manga seinen(*2) yg dirilis dalam 15 tankoubon di Jepang sono pada tahun 80-an juga, dan dirilis ulang dalam format bunkouban(*3) di tahun 1997 dalam 10 buku. Di Indonesia diterbitkan oleh Level Comics mengikuti format bunkouban tahun 1997 yang terdiri dari 10 buku itu dari tahun 2006-2007.
Nah, mengapa saya tiba2 membicarakan komik jadul ini? Gampang aja, karena komik ini recomended. Gambarnya biasa aja, khas Rumiko-sensei, tapi ceritanya cukup menghibur dan bikin ngakak. Bahkan teman saya yg berjenggot Osama dan bercelana ngatung pun terbahak-bahak ketika saya paksa untuk membacanya😀 . Sebenarnya saya dah lama pengen baca ni komik, sejak pertama kali diterbitkan LC tahun 2006. Tapi karena dana terbatas dan komik baru lebih menggoda, terpaksa keinginan itu dipending dulu. Sampe sebulanan yang lalu, ketika saya lagi suntuk2nya skripsi dan ngga ada hiburan, dan kebetulan jadwal komik inceran lagi rada kosong, saya memutuskan untuk memborong 10 jilid komik itu sampe bangkrut. Itu pun dengan bertahap, 1-2 di Togamas; 3 hari kemudian 3-5 di Toga lagi; 4 hari kemudian 6-9 di Toga lagi; dan 1 hari kemudian 10 di Gramed (yg bikin kesel karena selain ngga kena diskon, ngga ada layanan sampul, parkir bayar 1000 pula) gara2 di Toga dan Galaxy Media habis.
Garis besar ceritanya tentang kehidupan apartemen (lebih tepatnya kos2an) Ikkoku dengan penghuninya yg aneh2. Tokoh utama Godai Yusaku, di awal cerita merupakan ronin(*4) yg ngga jadi pindah apartemen karena pengurus barunya, Otonashi Kyoko, merupakan wanita cantik lagi janda dan masih muda. Intinya si Godai kena hitome bore(*5) ama Kyoko dan ngga jadi pindah, dan cerita selanjutnya berkisah seputaran Godai dari masih jadi ronin sampe kerja dan hubungannya dengan Kyoko. Lengkapnya baca ndiri aja deh, saya kan bukan peresensi yg handal😀
Kesan2 saya setelah mengkhatamkan Maison Ikkoku ini (hati2 spoiler) :
1. Jadi pengen pindah kos2an yg kanirinnya wanita cantik😀 <j/k>
2. Sialan, si Godai ngga perlu bersusah payah ngerjain skripsi buat lulus, cuma ujian tertulis kelulusan aja -_-‘
3. Universitas si Godai itu universitas swasta yg bisa bikin diam dan bisa bikin kepala HRD perusahaan ada acara mendadak, sedangkan utk saya sepertinya jurusan yg bisa bikin diam T_T
4. Kalo ngga dapet kerjaan di perusahaan kantoran, jadi guru di SMA cewe aja, sapa tau dapet daun muda😛 khekhekhe…
5. Duh Gusti paringana bojo ayu… (jeritan hati yg paling dalam), masih adakah cewe cakep yg mau diajak hidup susah?
oiya, sori ngga ada gambar, males naro, tanya om google aja kalo mo tau gambarnya

catatan zikil :
*1) Takahashi Rumiko, mangaka terkenal di Jepang, sempat menjadi salah satu wanita terkaya di Jepang beberapa tahun lalu (ngga tau sekarang masih ato ngga). Karya2nya yg lain Urusei Yatsura, Ranma 1/2, Inu Yasha
*2) seinen, genre manga yg mirip2 shounen, hanya saja ditujukan untuk pembaca pria dewasa dengan tokoh dan cerita yg disesuaikan
*3) bunkouban, penjilidan manga yg lebih tebal dari tankoubon. Jika tankoubon (rilis komik di Indon kebanyakan) rata2 memuat 10an chapter, maka bunkouban rata2 memuat 15-18an chapter
*4) ronin, arti jaman dulu samurai tak bertuan, banyak nongol di sengoku era. Arti jaman sekarang lulusan SMA yg gagal masuk universitas dan nganggur
*5) hitome bore, cinta pada pandangan pertama

11 Responses to “Maison Ikkoku”


  1. 1 khofia August 3, 2008 at 13:59

    a ha ha… tunggu kepulanganku ke Jogja, mo ikutan baca itu manga…

    tapi jangan pindah kost dulu yak!! wa ka ka…

    *kalo saya gara2 suntuk trus komik langganan belum terbit, malah beli BLEACH sama ONE PIECE*

  2. 2 novita anggraeni August 3, 2008 at 18:27

    Aduh, niat amat borong komiknya..
    Ati-ati lho uang kuliah kepake..😉
    *sok bijak mode: ON*

  3. 3 Arm August 5, 2008 at 20:50

    halah, OP ama Blitch itu komik yg ngga rampung2, dari awal juga dah males ngikutinnya, dah gitu terlalu shounen, genre saya sekarang dah seinen😀

  4. 4 Rita August 5, 2008 at 22:16

    Pertama siempunya blog ini cewe pa co ya
    Jadi pengen baca, seru deh kayana. Ntar beli pas cuti

  5. 5 Arm August 6, 2008 at 15:57

    @ Rita : dari bahasa yg digunakan juga sudah ketahuan gender-nya apa😀
    silaken dibeli komiknya😛

  6. 6 achoey sang khilaf August 7, 2008 at 20:04

    wah kayaknya emang seru nih🙂

  7. 8 syelviapoe3 August 11, 2008 at 09:57

    Wah….
    Baru tahu kalo Ranma 1/2 itu yang ngarangnya perempuan…
    Bener-bener maniak manga, ya, arm…

    Salam kenal…

  8. 9 Arm August 13, 2008 at 15:58

    @achoey : emang seru, coba aja baca🙂
    @ario : iya tamat, enak kan bacanya😀
    @syelviapoe3 : ngga maniak2 amat kok, kebetulan aja hobi baca manga. salam kenal juga🙂

  9. 10 jensen99 February 4, 2009 at 17:36

    Saya suka Maison Ikkoku, tahun lalu nyewa di rental. Ceritanya indah sekali.🙂

  10. 11 Lumiere October 11, 2009 at 10:13

    😕 kenapa kau suru aku baca yg beinian?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: