Utara???

Di tengah kesuntukkan mengerjakan skripsi, saya menyadari fenomena aneh (sebenernya dah tau, cuma tetep aja terheran-heran) dari bumi ini.
Begini, ketika saya membuat peta untuk Kutub Utara, maka sudah sewajarnya untuk menggunakan proyeksi azimuthal dengan persinggungan di kutub utara (polar). Ketika saya memasukkan garis2 bujur, saya terhenyak ketika menyadari, nantinya naroh orientasi utara di peta-nya gimana ya? Untuk lebih jelasnya silakan lihat peta Rusia di bawah. Menurut anda sekalian yang mana yang arah utara? hehehe…😀

arctic

peta kutub utara

Tentu saja karena utara maupun selatan itu relatif kalau sudah menyangkut bentuk bumi. Bahkan kalo sudah mencakup ruang angkasa, ngga bakalan jelas mana atas-bawah kiri-kanan. Jadi, ya, sepertinya orientasi utara untuk peta dengan proyeksi polar seperti di atas tidak diperlukan, yang penting ada garis bujur sebagai penentu posisi.. hehehe…

4 Responses to “Utara???”


  1. 1 khofia July 30, 2008 at 16:21

    jadi orang kutub utara ndak tau UTARA itu mana? kalo gitu coba tanya UTARA-nya pake bahasa kutub dong… siapa tau mereka bisa jawab UTARA-nya dimana… (^_^)v

  2. 2 Arm August 1, 2008 at 15:29

    @ khofia : orang kutub tau mana utara, bahasanya “norse” kalo ga salah😀 . kamsud saya kalo ente bikin peta kutub dg proyeksi polar (entah itu gnomois ato azimuthal), naro orientasi utara-nya piye Kang?
    ngomong2 soal UTARA jadi inget cewe (deket) kutub UTARA yg hampir saja saya berikan kehangatan tropis tahun lalu😀

  3. 3 EASE April 13, 2010 at 13:19

    apa sih pengertian peta kutub dan bagaimana cara membuatnya

  4. 4 Arm Kai April 13, 2010 at 13:51

    ^ peta kutub itu peta yang menggambarkan daerah kutub
    sejatinya dalam penamaan peta memperhatikan tema, lokasi, dan waktu. Tapi kebanyakan peta hanya mencantumkan lokasinya saja, atau tema dan lokasinya

    asal ada datanya ya bisa dibuat. Kalo ga ada datanya ya perlu dicari dulu datanya, baik dari citra satelit atau survei lapangan😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: