Prambanana

errr… ini postingan iseng-iseng, lagi nungguin temen mengunduh sesuatu di warnet. saya bingung mau nulis apa, jadi ya maafkan saya kalo postingannya ngga jelas gini😀

oiya, kemarenan saya belanja komik Prambanana, komik lokal dengan setting time-slip jaman Syailendra-tahun 2006. Tokoh utama si Loro Jonggrang yg trendi, hobi dugem, menampik lamaran Bandung Bondowoso, kontraktor bangunan lulusan ITB (Institut Teknogaib Bandung), dan kabur liwat sumur (kaya’ Inu Yasha aja) menembus waktu ke Jakarta tahun 2006. Ternyata si Bandung, Dhani (Pramodhawardhani, temen sekelas Loro), dan Rakjun (Rakai Pikatan Junior, temen sekelas Loro juga) ikut2an nyasar ke tahun 2006. Setelah lubang penghubung-nya tertutup mereka pun terpaksa bekerja sama balik ke Yogya untuk bisa kembali ke jamannya.

Garis besarnya kaya gitu sih. Overall, umayan menghibur, humor meskipun ada yg garing tapi bisa membuat saya ngakak, jarang2 ada komik lokal yg memuaskan saya dalam pembacaannya (sambil berharap suatu saat saya juga bisa bikin sesuatu😛 )

nih link si pengarang, dr. Vee klik di sini

5 Responses to “Prambanana”


  1. 1 army July 18, 2008 at 02:36

    bole juga prambanana

    (iseng2)😀

  2. 2 nonasheila July 29, 2008 at 21:11

    prambanan, surprisingly…lumayan menghibur….

    pertama gw gak maw beli karena kovernya dan itu pengarang indo…tapi karena di forum yang gw ikutin daped testimoni bagus akhirnya nekat juga beli. dan komik ini bener2 lumayan! ceritanya cukup original dan gak nyeplak sana sini…

    mudah2an komik indonesia semakin berkembang…

    btw, salam kenal yak:mrgreen:

  3. 3 khofia July 30, 2008 at 16:19

    kenapa ya kalo pengarangnya indon saya agak ndak sreg gitu… bukannya sok britis or sok manca, tapi mungkin saya terlalu lama baca manga, sehingga ndak mau nerima man-hwa sama manga bikinan ‘manga-ka’ indon yang keliatan banget menjiplak style gambar manga..

    betewe, keliatannya itu prambanana lutchu! mungkin ntar saya coba liat punya kamu aja kalo pas lagi balik ke jogja…

  4. 4 nonasheila July 30, 2008 at 19:50

    gw juga gak suka man hwa, dan komik indonesia. jujur aja gw trauma beli komik indonesia. dulu waktu awal2 komik indonesia (bergaya manga) keluar gw slalu beli dalam rangka menghormati karya anak bangsa. tapi smakin dibeli gw smakin nyesel. komik2 itu gak worth buat dibeli. cerita dan gambar jelek. dan pada saat harga komik naik gw memutuskan untuk ga beli lagi komik indo, mengingat masi banyak manga koleksi yang harus dibeli.

    tapi prambanana ini jujur ceritanya lumayan. artwork standar sih, tapi untuk debut komikus udah cukup bagus. gw juga gak maw beli kali kalo gak dapad testimoni yang bagus.

    btw, komik prambanana gak bakal gw bawa ke jokja, soalnya udah gw pajang di rak koleksi gw di samarinda >.<

  5. 5 arm4nfield August 1, 2008 at 15:18

    @ nonasheila : pertimbangan saya kalo beli komik emang pertama gambarnya (meskipun ada pepatah “don’t judge book by it cover”😀 ). Nah, kalo gambarnya ngga masuk selera, baru ceritanya, biasanya dengan testimoni orang2. Kalopun gambar udah sreg, kalo cerita ngga menarik hati juga biasanya saya tinggalin (korban jilid pertama😀 ). Semoga komik indon bisa jaya, ngga peduli gayanya gimana (meskipun saya lebih suka gaya gambar manga😀 )

    @ khofia : monggo mampir ke kosan saya kalo balik ke Yk, kayanya saya perpanjang kontrak 3 bulan sampe wisuda November😀 . Kontrak ente piye?


Leave a Reply

