Archive for July, 2008

Utara???

Di tengah kesuntukkan mengerjakan skripsi, saya menyadari fenomena aneh (sebenernya dah tau, cuma tetep aja terheran-heran) dari bumi ini.
Begini, ketika saya membuat peta untuk Kutub Utara, maka sudah sewajarnya untuk menggunakan proyeksi azimuthal dengan persinggungan di kutub utara (polar). Ketika saya memasukkan garis2 bujur, saya terhenyak ketika menyadari, nantinya naroh orientasi utara di peta-nya gimana ya? Untuk lebih jelasnya silakan lihat peta Rusia di bawah. Menurut anda sekalian yang mana yang arah utara? hehehe… 😀

arctic

peta kutub utara

Tentu saja karena utara maupun selatan itu relatif kalau sudah menyangkut bentuk bumi. Bahkan kalo sudah mencakup ruang angkasa, ngga bakalan jelas mana atas-bawah kiri-kanan. Jadi, ya, sepertinya orientasi utara untuk peta dengan proyeksi polar seperti di atas tidak diperlukan, yang penting ada garis bujur sebagai penentu posisi.. hehehe…

Prambanana

errr… ini postingan iseng-iseng, lagi nungguin temen mengunduh sesuatu di warnet. saya bingung mau nulis apa, jadi ya maafkan saya kalo postingannya ngga jelas gini 😀

oiya, kemarenan saya belanja komik Prambanana, komik lokal dengan setting time-slip jaman Syailendra-tahun 2006. Tokoh utama si Loro Jonggrang yg trendi, hobi dugem, menampik lamaran Bandung Bondowoso, kontraktor bangunan lulusan ITB (Institut Teknogaib Bandung), dan kabur liwat sumur (kaya’ Inu Yasha aja) menembus waktu ke Jakarta tahun 2006. Ternyata si Bandung, Dhani (Pramodhawardhani, temen sekelas Loro), dan Rakjun (Rakai Pikatan Junior, temen sekelas Loro juga) ikut2an nyasar ke tahun 2006. Setelah lubang penghubung-nya tertutup mereka pun terpaksa bekerja sama balik ke Yogya untuk bisa kembali ke jamannya.

Garis besarnya kaya gitu sih. Overall, umayan menghibur, humor meskipun ada yg garing tapi bisa membuat saya ngakak, jarang2 ada komik lokal yg memuaskan saya dalam pembacaannya (sambil berharap suatu saat saya juga bisa bikin sesuatu 😛 )

nih link si pengarang, dr. Vee klik di sini