Murphy’s Law

Hukum Murphy

“Segala sesuatu yang berpeluang terjadi, pasti dapat terjadi”
Kira-kira begitulah bunyi Hukum Murphy. Tidak jelas siapa yang menemukan hukum ini, ataupun siapa itu kakek Murphy (yang sering dijadikan kambing hitam dari setiap kejadian). Mungkin suhu google bisa membantu, cuma lagi males nyari😀
Contoh hukum Murphy yang sering terjadi di sekitar kita adalah : saat membutuhkan suatu buku, buku itu tak bisa ditemukan di mana-mana; TV tiba-tiba rusak ketika ada acara bagus yang inigin kita tonton; saat kita ke WC ketika menonton bola tercipta gol; saat kita kebelet ada saja yang memakai toilet dan kita merasa berabad-abad ketika menunggunya; dan lain-lainnya

Nah, akhir-akhir ini saya mengalami hukum Murphy yang cukup menjengkelkan. Berawal dari ketika saya mendapat persetujuan dari dosen pembimbing saya untuk mengadakan Ujian Usulan Penelitian atau yang biasa disebut ujian kompre di fakultas saya. Ujian ini dilakukan untuk mempresentasikan proposal dari skripsi yang akan saya garap (ngerepotin sebenarnya, kenapa ngga langsung hantam pendadaran aja -_-‘).
Ketika hendak menge-print beberapa dokumen yang diperlukan, tiba-tiba saja printer saya mati ngga mau nyala. Setelah dibawa ke service center, diagnosa teknisi mengatakan bahwa printer saya motherboard-nya rusak dan harus diganti. Harga mobo baru 300k sedangkan harga printer baru 400k-an. Saya langsung lemes aja mikirin ketebalan asap dapur saya jadinya. Satu hukum Murphy telah berlaku, “segala sesuatu yang bisa rusak, pasti akan rusak, entah kapan dan bagaimana kejadiannya” dan saya hanya bisa merutukinya. Penjelasan logis untuk kasus ini, di dalam komponen mobo printer terdapat berjuta-juta atom yang senantiasa bergerak untuk menghasilkan daya hantar yang maksimal. Jadi, ada berjuta-juta kemungkinan salah satu atau beberapa atom tersebut tiba-tiba berhenti atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena suatu hal sehingga mengakibatkan kerusakan.
Lagi, empat hari sebelum pelaksanaan ujian kompre, tiba-tiba saja hidung saya terasa gatal dan bibir atas saya terasa perih. Besoknya sebuah jerawat sukses tumbuh di hidung saya dan 2 biji sariawan mekar di bibir atas saya. Hukum Murphy berlaku kembali, “jerawat dan sariawan tak terhindarkan bagi semua orang, entah kapan kejadiannya”. Lagi-lagi, saya hanya merutukinya karena sampai pelaksanaan kompre dua penyakit laknat tersebut belum sembuh juga, bikin susah ngomong dan bikin muka gatel. Penjelasan logis mungkin begini, menjelang kompre saya terlalu stres dan agak melalaikan gizi (ceh, emang anak kos makan sehat po?😀 ), sehingga lemak bertumpuk di wajah saya yang terpicu oleh hormon tertentu tak tertahankan dan membentuk “gunungapi” baru di hidung saya, dan lapisan dalam bibir atas saya yang kekurangan vitamin C merekah membentuk 2 biji “kawah” yang perihnya minta ampun.
Lagi, saat hari H ujian kompre, 15-05-08, saya menggunakan laptop milik temen kos saya untuk presentasi. Nah, ketika mencoba dicolokkan dengan viewer tidak bisa memproyeksikan isi layar laptop pada tempat yang disediakan, dengan kata lain gambarnya ga nongol di layar lebar. Lagi-lagi hukum Murphy yang mirip dengan kejadian printer terjadi. Untungnya saya diselamatkan oleh laptop teman saya yang bisa nyambung dengan viewer sialan itu (tengkiyu Ri).

Sebenarnya kejadian Murphy keparat itu cukup sering saya alami. Beberapa kejadian menyebalkan menjelang kompre saya itu hanya sedikit dari banyak contoh Hukum Murphy yang bisa terjadi di dunia ini, baik pada saya maupun Anda sekalian😀 . Jadi saran saya, kalo kebetulan Anda mengalmi kejadian seperti “listrik mendadak mati ketika belum menge-save kerjaan Anda di komputer,” just remember that Murphy does exist😛

1 Response to “Murphy’s Law”


  1. 1 fariz February 2, 2015 at 16:21

    ohh , saya baru tau kalau kejadian tsb adalah hukum murphy😀


Leave a Reply

