Simple Words from Arm

you'll never walk alone

Keterikatan dengan Benda Duniawi

with 7 comments

Akhir-akhir ini saya kepikiran untuk mengurangi keterikatan saya dengan benda-benda duniawi. Ngga, saya bukan mau menjadi biksu atau menjalani kehidupan ala pertapa :P. Tentu saja, saya ngga akan dan ngga mau tidak terikat sama sekali dengan benda-benda duniawi. Itu terlalu ekstrim dan hidup saya bakal susah kalo ngga punya satupun benda duniawi :lol:. Maksud saya itu mengurangi keterikatan saya dengan benda-benda semacam furnitur, barang elektronik, gadget, kendaraan, barang koleksi, buku, dll.

Pemikiran begitu nyentil di kepala saya sekitar setahun yang lalu, pas saya diajak teman dateng ke acara bedah buku Garis Batas-nya Agustinus Wibowo di sebuah kedai di Bogor. Ada seorang peserta bedah buku yang bertanya, saya lupa tepatnya pertanyaannya apa tetapi sepertinya tentang souvenir khas negara-negara Asia Tengah. Oleh mas Agus dijawab bahwa dia tidak membeli souvenir, dan sedang berusaha mengurangi keterikatan dengan benda-benda :).

Berangkat dari jawaban itu, ditambah fakta bahwa dulu saya adalah anak kos dengan okupansi ruang terbatas, maka saya jadi kepikiran untuk mengurangi barang-barang yang saya punya. Setidaknya saya berusaha untuk tidak menambah benda-benda yang saya tidak perlu. Tetapi tentu saja tidak mudah, apalagi sekarang status hunian saya adalah rumah kontrakan, bukan lagi kamar kos, yang tentu saja memiliki ruang lebih luas. Dalam hal furnitur, barang elektronik, gadget, barang koleksi, pakaian, maupun kendaraan, saya bisa mengerem dengan baik dengan hanya membeli seperlunya. Tetapi untuk buku, lumayan susah karena biasanya sebulan 2 kali saya (dan istri) suka nongkrong di toko buku dan seringnya berakhir dengan membeli beberapa buku :P. Akhir-akhir ini hal itu bisa diatasi dengan masuk ke ruang buku obral, mencari-cari buku yang ngga laku dan untuk menghabiskan stok diobral habis-habisan :D. Tentu saja pemikiran untuk menjual atau menghibahkan buku-buku koleksi sudah terbersit, hanya belum ada kesempatan saja untuk menyortir buku-buku mana yang ingin dilepas. Biarpun begitu, waktu saya tanya ke istri saya, “mau ngga suatu saat jual koleksi bukumu?” langsung dijawab “ngga” :P. Wajar sih, untuk buku-buku tertentu saya juga pengen suatu saat nanti anak saya bisa ikut membacanya ^^

Jadi ya untuk bisa lepas dari keterikatan dengan benda-benda duniawi ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Tentu saja ngga bakal bisa lepas sepenuhnya, tapi setidaknya yang bisa saya lakukan adalah membatasi pembelian barang yang ngga begitu perlu dan mencoba hidup minimalis :)

*padahal baru dapet kiriman game yang beli di kaskus = =’ :P :lol:

Written by Arm Kai

September 10, 2012 at 13:32

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. jadi kapan buku-bukunya mau di sortir? siapa tahu ada buku yang cocok dengan saya :roll:

    berbicara mengenai souvenir, saya jarang sekali membeli souvenir di setiap kegiatan bacpackeran saya, ga suka, kecuali pas saya lagi baik (mau beliin oleh-oleh buat keluarga, itupun jarang :) )

    Zeph

    September 10, 2012 at 14:53

  2. mau hibah buku? sini sini :D

    TamaGO

    September 15, 2012 at 12:50

  3. Buku,… Itu benda duniawi dengan great value lah yang tidak akan pernah tergusur oleh waktu. You’ll never regret to have full of book library, I’m sure. ;)

    Miss R

    September 30, 2012 at 15:35

  4. wah bagus, bagus. saya sangat mendukung! sok dipikir-pikir dulu deh, mana yang mau dikasiin duluan?

    *glaring at your PS3 blu-ray disc collection* :mrgreen:

    Ms. Plaida

    October 13, 2012 at 00:09

  5. Kayak yang di film Up In The Air ya, soal ransel kosong itu.

    Makanya kaya dulu, jadi bisa beli barang langsung buang. :lol:

    Takodok!

    November 30, 2012 at 17:17

  6. Bukunya boleh dihibahkan ke saya, saja, mas.. :D

    syelviapoe3

    April 16, 2013 at 12:24

  7. @ all:
    hahaha, kondisinya yang ada sekarang malah tambah banyak bukunya :lol:

    Arm Kai

    July 9, 2013 at 17:06


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: