Keterikatan dengan Benda Duniawi

Akhir-akhir ini saya kepikiran untuk mengurangi keterikatan saya dengan benda-benda duniawi. Ngga, saya bukan mau menjadi biksu atau menjalani kehidupan ala pertapa :P. Tentu saja, saya ngga akan dan ngga mau tidak terikat sama sekali dengan benda-benda duniawi. Itu terlalu ekstrim dan hidup saya bakal susah kalo ngga punya satupun benda duniawi :lol:. Maksud saya itu mengurangi keterikatan saya dengan benda-benda semacam furnitur, barang elektronik, gadget, kendaraan, barang koleksi, buku, dll.

Pemikiran begitu nyentil di kepala saya sekitar setahun yang lalu, pas saya diajak teman dateng ke acara bedah buku Garis Batas-nya Agustinus Wibowo di sebuah kedai di Bogor. Ada seorang peserta bedah buku yang bertanya, saya lupa tepatnya pertanyaannya apa tetapi sepertinya tentang souvenir khas negara-negara Asia Tengah. Oleh mas Agus dijawab bahwa dia tidak membeli souvenir, dan sedang berusaha mengurangi keterikatan dengan benda-benda :).

Berangkat dari jawaban itu, ditambah fakta bahwa dulu saya adalah anak kos dengan okupansi ruang terbatas, maka saya jadi kepikiran untuk mengurangi barang-barang yang saya punya. Setidaknya saya berusaha untuk tidak menambah benda-benda yang saya tidak perlu. Tetapi tentu saja tidak mudah, apalagi sekarang status hunian saya adalah rumah kontrakan, bukan lagi kamar kos, yang tentu saja memiliki ruang lebih luas. Dalam hal furnitur, barang elektronik, gadget, barang koleksi, pakaian, maupun kendaraan, saya bisa mengerem dengan baik dengan hanya membeli seperlunya. Tetapi untuk buku, lumayan susah karena biasanya sebulan 2 kali saya (dan istri) suka nongkrong di toko buku dan seringnya berakhir dengan membeli beberapa buku :P. Akhir-akhir ini hal itu bisa diatasi dengan masuk ke ruang buku obral, mencari-cari buku yang ngga laku dan untuk menghabiskan stok diobral habis-habisan :D. Tentu saja pemikiran untuk menjual atau menghibahkan buku-buku koleksi sudah terbersit, hanya belum ada kesempatan saja untuk menyortir buku-buku mana yang ingin dilepas. Biarpun begitu, waktu saya tanya ke istri saya, “mau ngga suatu saat jual koleksi bukumu?” langsung dijawab “ngga” :P. Wajar sih, untuk buku-buku tertentu saya juga pengen suatu saat nanti anak saya bisa ikut membacanya ^^

Jadi ya untuk bisa lepas dari keterikatan dengan benda-benda duniawi ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Tentu saja ngga bakal bisa lepas sepenuhnya, tapi setidaknya yang bisa saya lakukan adalah membatasi pembelian barang yang ngga begitu perlu dan mencoba hidup minimalis :)

*padahal baru dapet kiriman game yang beli di kaskus = =’ :P :lol:

7 Responses to “Keterikatan dengan Benda Duniawi”


  1. 1 Zeph September 10, 2012 at 14:53

    jadi kapan buku-bukunya mau di sortir? siapa tahu ada buku yang cocok dengan saya :roll:

    berbicara mengenai souvenir, saya jarang sekali membeli souvenir di setiap kegiatan bacpackeran saya, ga suka, kecuali pas saya lagi baik (mau beliin oleh-oleh buat keluarga, itupun jarang :) )

  2. 2 TamaGO September 15, 2012 at 12:50

    mau hibah buku? sini sini :D

  3. 3 Miss R September 30, 2012 at 15:35

    Buku,… Itu benda duniawi dengan great value lah yang tidak akan pernah tergusur oleh waktu. You’ll never regret to have full of book library, I’m sure. ;)

  4. 4 Ms. Plaida October 13, 2012 at 00:09

    wah bagus, bagus. saya sangat mendukung! sok dipikir-pikir dulu deh, mana yang mau dikasiin duluan?

    *glaring at your PS3 blu-ray disc collection* :mrgreen:

  5. 5 Takodok! November 30, 2012 at 17:17

    Kayak yang di film Up In The Air ya, soal ransel kosong itu.

    Makanya kaya dulu, jadi bisa beli barang langsung buang. :lol:

  6. 6 syelviapoe3 April 16, 2013 at 12:24

    Bukunya boleh dihibahkan ke saya, saja, mas.. :D

  7. 7 Arm Kai July 9, 2013 at 17:06

    @ all:
    hahaha, kondisinya yang ada sekarang malah tambah banyak bukunya :lol:


Leave a Reply

Blog Stats

  • 70,630 hits

Almanac

September 2012
S M T W T F S
« Aug   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

sebaran pengunjung


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

